Lima Ribu Personel Amankan Pemilu di Kabupaten Probolinggo

Zulkiflie

Minggu, 14 April 2019 - 19:44

JATIMNET.COM, Probolinggo – Lebih dari lima ribu pasukan di Kabupaten Probolinggo untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan presiden pada 17 April 2019 mendatang.

Ribuan pasukan itu terdiri atas unsur TNI, Polri, Linmas dan Satpol PP mulai menggelar Apel Pergeseran dimulai dari halaman Mapolres Probolinggo, Minggu 14 April 2019. Selanjutnya pasukan gabungan ini akan diterjunkan ke lokasi pengamanan TPS masing-masing.

Berbagai bekal perlengkapan keamanan tiap pasukan, langsung diperiksa satu-persatu oleh Kapolres Probolinggo bersama Dandim 0820, guna menjamin keamanan pelaksanaan Pemilu 2019.

BACA JUGA: Jokowi Beli Kedondong dan Tomat di Pasar Tradisional Probolinggo

Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto menyebut untuk jumlah tiap-tiap pasukan rinciannya meliputi unsur Polri sebanyak 486 personel, TNI 310 personel, Linmas 5.625 personel ditambah Satpol PP 60 personel.

Perwira dengan dua melati itu menjelaskan dengan kesiapsiagaan para pasukan nantinya, mampu mendukung jalannya Pemilu 2019 berjalan tertib dan aman.

“Harapan kami di pesta demokrasi 17 April nanti, berlangsung kondusif, aman, tertib dan lancar,” kata Kapolres Probolinggo.

Eddwi Kurniyanto menegaskan bahwa Kabupaten Probolinggo merupakan daerah yang kondusif. Dia memastikan tidak ada titik-titik yang dianggap rawan sepanjang pelaksanaan pencoblosan.

BACA JUGA: Pengendara Motor Tewas Ditabrak Kereta Api di Probolinggo

“Tingkat keamanan di Kabupaten Probolinggo masuk kategori kurang rawan konflik dalam pelaksanaan pemilu. Jadi ada tiga kategori meliputi, kurang rawan, rawan dan sangat rawan,” jelasnya.

Sementara itu, ribuan pasukan gabungan itu akan disebar ke 2.992 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Kapolres Probolinggo berharap, dalam pelaksanaaan Pemilu 2019 partisipasi masyarakat cukup tinggi. Pihaknya juga meminta seluruh masyarakat bersama-sama bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban, demi terselenggaranya pemilu yang aman.

“Mari kita yakinkan kepada masyarakat bahwa TNI dan Polri siap mengawal dan mengamankan Pemilu 2019,” tandasnya.

Baca Juga

loading...