Lewis Hamilton Juara F1 Edisi ke-1.000

Rochman Arief

Minggu, 14 April 2019 - 16:00

JATIMNET.COM, Shanghai – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merebut gelar juara Formula 1 GP Cina di Shanghai International Circuit, Minggu 14 April 2019. Kemenangan ini merupakan yang kedua dari tiga seri yang sudah dilaluinya.

Juara bertahan itu membukukan waktu tercepat satu jam 32 menit, 6,350 detik, sekaligus mengalahkan rekan satu timnya, Valteri Bottas yang terpisah 6,552 detik dan jagoan Ferrari Sebastian Vettel di urutan ketiga terpaut 13,744 detik.

Hamilton telah menunjukkan kerja kerasnya selama empat hari di Shanghai. Sepanjang sesi latihan bebas (free practice/ FP) hingga kualifikasi dia belum sekalipun meraih hasil maksimal. Bahkan di sesi kualifikasi dia harus mengakui keunggulan rekannya, Bottas.

BACA JUGA: Frustrasinya Ferrari, Bahagianya Mercedes

Upayanya untuk merebut gelar kedua di musim ini membuahkan hasil. Sejak lampu hijau menyala, Hamilton sukses mengunci tikungan pertama untuk melewati Bottas. Selanjutnya dia nyaris tak terkejar oleh lawan-lawannya.

Bagi Mercedes kemenangan di Shanghai ini menempatkan dua pebalap teratas di urutan satu-dua tiga kali beruntun. Pada seri pembuka di Melbourne, Australia, Bottas memenangi balapan disusul Hamilton. Sedangkan di Bahrain dan Shanghai, giliran Hamilton finish terdepan disusul Bottas.

Janji Ferrari untuk tidak menjalankan team order tidak sesuai harapan. Sebab pebalap muda Ferrari Charles Leclerc diminta memberi jalan kepada Vettel pada lap kesebelas.

BACA JUGA: Alexander Albon tak Ambil Bagian Kualifikasi

Dikutip dari Dailymail.com, Leclerc menunjukkan sikap kecewa diminta mundur satu grid untuk memberi jalan Vettel. Itu dilakukan pada saat Vettel tepat berada di belakangnya, atau terpaut satu detik. “Aku kehilangan sedikit waktu,” ujar Leclerc.

Celakanya ketika Seb, sapaan Sebastian Vettel sudah melewati Leclerc, dia tidak mampu mengejar atau minimal menempel duo Mercedes di garis depan. Itu bisa dilihat dari selisih waktu yang terpaut jauh dari kedua pebalap Mercedes.

Dengan hasil ini Hamilton berhak memimpin klasemen sementara pebalap dengan 68 poin disusul Bottas dengan 62 angka. Adapun Vettel berada di peringkat keempat dengan 37 angka, atau selisih dua poin dari Max Verstappen (Red Bull Racing) yang ada di urutan ketiga.

Baca Juga

loading...