Lantik Bupati Trenggalek, Emil Minta Program Lama Tetap Dilanjutkan

Baehaqi Almutoif

Selasa, 28 Mei 2019 - 15:14

JATIMNET.COM, Surabaya - Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek di Gedung Negara Grahadi, Selasa 28 Mei 2019. 

Arifin menggantikan Emil Elestianto Dardak yang menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur sejak Februari 2019 lalu.

Dalam pelantikan tersebut, Emil berpesan kepada Bupati Trenggalek agar bekerja sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Trenggalek. 

"Pak bupati, tetap mengacu kepada RPJMD pada saat kami (Emil-Arifin) menjabat sebagai bupati dan wakil bupati, sehingga keberlanjutan tetap ada," ujar Emil. 

BACA JUGA: Cegah Korupsi, Pemkab Trenggalek Larang ASN Terima Parsel

Suami Arumi Bachsin ini mengingatkan, cita-cita bersama dalam membangun Trenggalek sejak pertama keduanya menjabat 2016 silam.

Seperti menjadikan kabupaten di pesisir Selatan Jawa tersebut menjadi daerah dengan pelabuhan yang besar. 

Pembangunan Pelabuhan Prigi yang rencananya akan mewakili wilayah Selatan Jawa Timur di sektor maritim, diakui Emil belum tuntas. Ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Arifin sebagai penerusnya.

"Kami tekankan apa yang menjadi harapan warga Trenggalek menjadi harapan masyarakat Jatim juga. Kami percaya Jatim menjadi maju sesarengan atau bersama-sama," tuturnya. 

BACA JUGA: Forum Musrena Dorong Perempuan Trenggalek Berani Bicara

Usai pelantikan, Arifin mengatakan telah siap dengan investasi untuk melanjutkan program di pemerintahannya. Lelang tersebut segera dilakukan guna melanjutkan pembangunan di Trenggalek.  

"Kemudian sekarang lagi menggerakkan setiap desa harus punya potensi ekonomi. Jadi kami sedang mendorong desa untuk punya inovasi perekonomian di sana," kata Arifin kepada wartawan. 

Dia mengaku telah melakukan riset terhadap desa yang dianggap memiliki potensi ekonomi.

Salah satunya adalah desa wisata, yang menurut hitungannya mampu menyediakan 200 lapangan kerja per desanya. Dengan 100 desa, naka diharapkan ada ada sekitar 20 ribuan lapangan pekerjaan baru di Trenggalek.

BACA JUGA: Emil Tuntaskan Tanggungan di Trenggalek Sebelum Dilantik Jadi Wagub

"Selama tiga tahun (Emil-Arifin) menjabat, sepertinya sektor pertanian masih yang utama," tandasnya.

Baca Juga

loading...