KPK Periksa Khofifah Sebagai Saksi Kasus Suap di Kemenag

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 26 April 2019 - 20:17

JATIMNET.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengakui diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) atas kasus yang menjerat mantan Ketua PPP Romahurmuziy di Mapolda Jatim, Jumat 26 April 2019.

Khofifah mengaku jika dirinya diperiksa selama kurang lebih 1,5 jam mulai pukul 09.55 WIB. “Saya pagi itu (ada) Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dulu di BPD. Seluruh proses mulai ngisi data sampai tanda tangan BAP berjalan satu setengah jam,” ujarnya ketika diwawancarai wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat 26 April 2019.

Ia mengungkapkan jika pertanyaan yang diajukan penyidik KPK bersifat tertulis, seperti pengisian biodata, riwayat pendidikan dan pernha menjabat apa saja.

BACA JUGA: Diam-diam, Khofifah Jalani Pemeriksaan KPK di Mapolda Jatim

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menegaskan jika kedatangannya untuk memenuhi undangan sebagai saksi untuk tiga orang tersangka dugaan suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama. "Jadi diminta keterangan sebagai saksi untuk Pak Romy, Pak Haris, dan Pak Muaffaq," katanya.

Sebelumnya, kabar pemeriksaan Khofifah atas kasus jual beli jabatan yang menjerat Romy ini simpang siur. Bahkan saat dikonfirmasi terkait hal itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membantah jika Khofifah akan diperiksa hari ini di Mapolda Jatim. Ia bahkan menyebut hal itu adalah informasi yang tak benar.

"Hoaks, hoaks, hoaks, hoaks seperti yang saya sudah bilang kan. Hari ini hoaks," kata Barung saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Namun tak berselang lama, Barung mengonfirmasi dan membenarkan jika KPK telah memeriksa Gubernur Jatim Khofifah di Polda Jatim.

BACA JUGA: Pengisian Jabatan Kemenag Jatim, Romahurmuziy Catut Nama Khofifah

"Benar ada pemeriksaan saksi yang sudah dinyatakan oleh juru bicara KPK tadi malam oleh Pak Febri. Memang benar bahwa di Polda Jatim telah dilangsungkan pemeriksaan pukul 09.00 WIB terhadap saksi Ibu Khofifah," ujar Barung di Mapolda Jatim.

Pemeriksaan penyidik lembaga antirasuah tersebut, kata Barung dilakukan dengan meminjam fasilitas gedung Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim dan berlangsung sejak pukul 09.00-13.00 WIB.

"Karena kami hanya menyiapkan ruang, tempat dan waktu. (Pemeriksaan) berlangsung di Tipidkor Ditkrimsus Polda Jatim. Yang mana menyangkut tentang saksi-saksi yang telah ditetapkan oleh KPK," kata dia.

Selain Khofifah, kata Barung ada juga empat orang lain yang turut diperiksa oleh penyidik KPK. Namun ia enggan membeberkan siapa saja sejumlah orang tersebut.

BACA JUGA: Khofifah: Saya Kaget Rekomendasi Apa yang Saya Sampaikan

Menurutnya siapa saja saksi, dan apa substansi pemeriksaan tersebut bukanlah kewenangan kepolisian melainkan wewenang KPK.

"Substansi pemeriksaannya itu wewenang dari KPK. Yang kami tahu (saksi) adalah ibu khofifah, yang empat lainnya silakan ditanyakan ke Pak Febri. Kan saya bilang subtansi tanyakan ke Pak Febri," kata dia.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya akan melakukan kegiatan pemeriksaan di Mapolda Jatim terkait kasus jual beli jabatan di lingkungan Kemenag.

Febri menyebut penyidik akan memeriksa sejumlah saksi-saksi yang diduga berkaitan dengan kasus ini, salah satunya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga

loading...