Kerap Dipandang Sebelah Mata, Buah Ini Bermanfaat untuk Tubuh

Nani Mashita

Sabtu, 30 Maret 2019 - 19:52

JATIMNET.COM, Surabaya – Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi dari buah-buahan. Selain untuk melindungi tubuh dari penyakit atau membantu proses penyembuhan, mengonsumsi buah secara teratur menjadi pilihan orang yang berniat diet.

“Biasanya orang mengonsumsi pisang, alpukat, jeruk, dan apel karena mudah ditemukan. Padahal masih banyak buah-buahan lain yang mengandung kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun kurang populer dan bahkan dipandang sebelah mata,” kata Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen dalam siaran persnya, Sabtu 30 Maret 2019.

Yang pertama adalah buah terong Belanda. Tidak seperti terong ungu yang memiliki bentuk lonjong dan panjang, melainkan berbentuk oval menyerupai telur dan berwarna merah marun.

BACA JUGA: Ternyata Manfaat Cabai untuk Kesehatan Banyak Lho

Terong belanda biasa dinikmati dalam bentuk jus buah atau sop buah. Selain memiliki karakteristik rasa yang menyegarkan, ternyata terong belanda kaya akan nutrisi.

Kandungan vitamin B kompleks yang kaya di dalam buah terong belanda dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan potasium di dalam terong belanda juga bisa membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal.

Itu sebabnya, buah ini sangat baik bagi penderita hipertensi. Meski diberi nama Terong Belanda, sejatinya buah ini berasal dari kawasan Amazon di Benua Amerika. Di Indonesia, buah ini diperkenalkan oleh Belanda yang saat itu menjajah Indonesia.

BACA JUGA: Hipertensi Bisa Pengaruhi Organ Seksual

Kedua adalah delima. Buah ini memiliki tampilan unik dengan kulit kasar serta warna permukaan merah mengilap dengan pucuk menyerupai mahkota.

Di balik rasanya yang asam manis dan segar, delima menyimpan banyak kandungan fitonutrien dan fitokimia yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mengobati penyakit, serta memelihara kebugaran tubuh.

Sebuah penelitian di Universitas Mahidol, Thailand, melaporkan bahwa jus delima adalah jus terbaik karena sangat kaya akan kandungan antioksidan. Selain kaya akan kandungan antioksidan, buah delima juga mengandung antikolesterol, antikanker, dan antitoksik.

Yang ketiga adalah buah sawo. Meski selalu diidentikkan dengan warna kulit wanita Indonesia, toh buah ini tidak sepopuler buah-buahan lainnya.  

BACA JUGA: Teh Ini Yang Seharusnya Diminum Untuk Menghindari Hipertensi

Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung tinggi serat yang terkandung di dalamnya, sehingga berkhasiat sebagai obat diare dan sangat baik bagi pencernaan. Selain itu, sawo juga ternyata kaya vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Buah yang lain adalah durian. Si raja buah ini kerap mendapatkan stigma negatif karena dikira mengandung kolesterol tinggi. Banyak orang Indonesia yang ragu untuk mengonsumsi durian.  

Rachel Olsen menjabarkan kandungan gizi dalam 100 gram daging durian adalah energi sebesar 147 kalori, lemak 5,33 gram, protein 1,47 gram, karbohidrat 27 gram, dan kolesterol 0 miligram.  

BACA JUGA: Ini Delapan Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Selain itu, durian memiliki begitu banyak manfaat gizi, seperti lemak sehat, serat, protein, dan kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, A-kompleks, mineral Zinc, kalsium, kalium, dan zat besi.

“Meski begitu, durian memang relatif tinggi lemak sehat dan apa pun yang memiliki lemak akan memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Tiga buah durian memiliki kandungan 160 kalori, sehingga makan terlalu banyak dapat meningkatkan berat badan,” kata Rachel.

So, jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya!

Baca Juga

loading...