Kejati Jatim Blokir Rekening PT Yekape dan YKP

David Priyasidharta

Jumat, 14 Juni 2019 - 19:29

JATIMNET.COM, Surabaya - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur telah melakukan pemblokiran terhadap seluruh rekening PT Yekape dan Yayasan Kas Pembangunan (YKP), Jumat 14 Juni 2019. Seluruh rekening itu berada di tujuh bank yang tersebar di Kota Surabaya.
   
"Hari ini penyidik Kejati Jatim telah melakukan pemblokiran terhadap seluruh rekening PT Yekape dan YKP sendiri, ada di tujuh bank yang tersebar di beberapa bank Surabaya," kata Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Didik Farkhan Alisyah, Jumat 14 Juni 2019.

BACA JUGA: Dugaan Korupsi YKP, Kajati Periksa Ketua DPRD Surabaya

Menurut Didik, pemblokiran dilakukan agar uang yang ada di dalam rekening, mulai deposito hingga giro-giro lain tidak diambil. "Agar tidak diambil, keluar atau atau dialihkan," kata Didik.

Ia juga mengatakan pemblokiran itu untuk memudahkan penyelamatan aset negara. "Sehingga nanti kalau sampai pada putusan pengadilan, kami bisa dengan mudah menyelamatkan aset negara ini. Itu saja tujuan pemblokiran ini," ujar Didik.

BACA JUGA: Kejati Jatim Cekal Lima Pengurus YKP dan PT Yekape

Seperti diberitakan sebelumnya, Kejati Jatim tengah menyidik kasus dugaan korupsi di PT Yekape dan YKP. Kejati bahkan telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap lima pengurus YKP dan PT Yekape. Mereka antara lain Surjo Harjono, Mentik Budiwijono, Sartono, Chairul Huda, dan Catur Hadi Nurcahyo.

Menurut Didik, kelima orang itu yang selama ini menjadi pengurus dan menguasai YKP maupun anak usahanya di PT Yekape. Mereka sejak tahun 2002 sampai sekarang, selalu berputar-putar secara bergantian menduduki jabatan penting di kepengurusan YKP maupun PT Yekape, dan terindikasi memegang uang miliaran rupiah milik negara.

BACA JUGA: Privatisasi Aset Pemkot, Kejati Periksa Dugaan Korupsi Dua Pengurus YKP

Pada tahun 2002, mereka dinilai dengan sengaja telah mengubah AD/ ART YKP yang sejak awal terbentuk di tahun 1954 merupakan aset Pemkot Surabaya, dan selanjutnya diprivatisasi demi meraup keuntungan pribadi.

Sampai sekarang YKP dan PT Yekape semakin berkembang setelah memanfaatkan fasilitas milik Pemkot Surabaya dengan meraup keuntungan berlimpah. Dalam kasus ini, penyidik juga telah menggeledah kantor Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Surabaya yang ada di Jalan Sedap Malam Nomor 9-11 dan PT Yekape di Jalan Wijaya Kusuma No 36 Surabaya.

 

Baca Juga

loading...