JATIMNET.COM, Surabaya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, Jawa Timur mengimbau masyarakat Jawa Timur untuk waspada hujan berpetir dan angin kencang sesaat Selasa 12 Februari 2019. BMKG memprediksi hujan dan angin kencang sesaat muncul di sejumlah wilayah pada pagi dan petang hari.

Kasi Data dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, Jawa Timur Teguh mengatakan, hujan deras disertai dengan angin kencang serta petir diprediksi muncul di Pulau Madura pada pagi dan sore hari. "Kami melihat adanya pergerakan awan di wilayah tersebut supaya masyarakat setempat lebih waspada," katanya di Sidoarjo Selasa 12 Februari 2019.

Selain di Madura, hujan berpetir juga rawan muncul di berbagai wilayah di Jawa Timur. Teguh mengingatkan warga Jawa Timur untuk waspada pada hujan sedang hingga lebat yang disertai petir pada pagi, siang, sore dan malam.
BACA JUGA: Mengapa Tak Boleh Berlindung Di Bawah Pohon Saat Hujan?

"Yang perlu diwaspadai terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi, siang, sore, dan malam hari di wilayah Jawa Timur," katanya.

Angin kencang berpotensi muncul di sejumlah wilayah, seperti di Kabupaten dan Kota Pasuruan, Bangkalan, Surabaya, Gresik, Lamongan, Bondowoso, Jember, Jombang, Lumajang, Pamekasan. "Kemudian juga terjadi di Kabupaten dan Kota Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Kabupaten dan Kota Mojokerto, dan Pulau Bawean," katanya.

Suhu udara di Jawa Timur berkisar antara 17 sampai 33 derajat celcius, kelembaban udara yakni sekitar 65 sampai 100 persen dengan kecepatan angin dari Barat Daya menuju Barat sekitaran 5 sampai 30 kilometer perjam. (Ant)