ITS Surabaya Ubah Fakultas Ilmu Alam Jadi Fakultas Sains

Nani Mashita

Reporter

Nani Mashita

Rabu, 30 Januari 2019 - 07:26

JATIMNET.COM, Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengubah nama Fakultas Ilmu Alam menjadi Fakultas Sains. Nama ilmu alam dianggap tak sesuai dengan perkembangan pengetahuan dunia.

Dekan Fakultas Sains Agus Rubiyanto mengatakan pergantian itu berlaku sejak November 2018 berdasarkan peraturan rektor nomor 7 tahun 2018. "Fakultas ilmu alam lebih identik dengan fisika saja,” katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima Jatimnet.com, Selasa 29 Januari 2019.

BACA JUGA: Resmikan STP, ITS Bakal Ciptakan Inovasi Yang Bisa Dikomersialkan

Selain itu, ia melanjutkan, ilmu alam pun sudah tak relevan dengan perkembangan dunia. Apalagi kini ITS Surabaya sedang menuju standar World Class University sehingga wajib mengikuti penamaan di kampus internasional.

Ia mengatakan selain ITS, Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Universitas Diponegoro (Undip) juga menggunakan nama fakultas sains. “Nama fakultas sains juga cocok untuk mengusung tujuan fakultas,” katanya.

BACA JUGA: Mahasiswa ITS Sulap Ampas Tebu Cegah Bahaya Mercuri

Fakultas sains menjadi satu dari 10 fakultas tertua di ITS Surabaya. Setelah berganti nama, fakultas ini akan membuka program Master of Professional Science. "Lulusan magister ini diharapkan menjadi orang yang paham dengan sains termasuk fisika, kimia, biologi, dan matematika," katanya.

Baca Juga

loading...