FKJ Ajak Masyarakat Lawan Hoax dan Tidak Golput

Muhammad Taufiq

Jumat, 29 Maret 2019 - 18:37

JATIMNET.COM, Surabaya - Forum Kebangsaan Jawa Timur (FKJ) mengajak masyarakat agar melawan hoaks dan tidak golput pada pemilihan umum pada 17 April 2019 mendatang. Sebab menjelang pesta demokrasi saat ini banyak beredar isu-isu berita bohong dan radikalisme.

"Jadi jangan sampai masyarakat terpecah belah hanya karena berita bohong selama tahun politik ini," kata Ketua Umum Forum Kebangsaan Sumardi saat diwawancarai di sela-sela acara Deklarasi Dukungan Calon Presiden dan Calon Presiden Jokowi-Amin di Gedung Wanita Candra Kencana, Jumat 29 Maret 2019.

Hal tersebut merupakan tantangan untuk masyarakat Indonesia sebagai negara yang multikultural baik dari sisi agama maupun budaya. Sumardi mengungkapkan adanya tantangan tersebut harus ada pihak-pihak yang mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat. 

BACA JUGA: Honorer Sebarkan Hoaks Bupati Sampang Mobilisasi Kades Dukung Jokowi

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu tersebut. "Apalagi beberapa masyarakat juga takut datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.  Nah ini kan jadi tidak baik, karena masyarakat merasa tidak aman," katanya.

Ia menjelaskan sudah melakukan sosialisasi secara langsung untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat agar tidak terprovokasi dan mendorong masyarakat agar tidak golput.

Selain itu, melalui FKJ ini pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk memilih pasangan Calon dan Wakil Presiden Jokowi-Makruf. 

"Mari kita menggunakan hak suara kita untuk memilih Jokowi-Makruf. Karena seperti yang kita ketahui bahwa selama periode sebelumnya Pak Jokowi sudah membuktikan kinerja yang baik untuk perekonomian Indonesia," kata Sumardi.

BACA JUGA: Pemilu Habiskan Biaya Triliunan, Jokowi: Rugi Besar Kalau Golput

Sumardi berharap dengan upaya yang dilakukannya dapat menyatukan bangsa yang telah lama dibangun ini. Dengan adanya deklarasi lintas iman ini pula, pihaknya berharap dapat meminimalisir beredarnya berita bohong, isu radikalisme yang meresahkan warga dan pastinya tidak golput.

Di samping itu Sekretaris FKJatim Libertus Atmowijaya mengungkapkan pihaknya sudah sepakat untuk memenangkan pasangan 01 Jokowi-Makruf dan meminta agar perwakilan dari DPC kabupaten kota untuk mengajak masyarakat untuk memilih paslon 1. 

"Kami adakan rapat kerja daerah untuk merumuskan dan mensosialisasikan kepada warga untuk memilih paslon 01," katanya.

Ia mengungkapkan selama ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung. Hasilnya pun sudah cukup efektif, dan masyarakat tidak lagi terprovokasi dengan berita bohong dan tidak takut datang ke TPS nantinya.

Baca Juga

loading...