Dinsos Surabaya Tawarkan 48 Beasiswa Politeknik Penerbangan

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 13 Juni 2019 - 22:18

JATIMNET.COM, Surabaya - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya membuka 48 kuota beasiswa ikatan dinas bidang politeknik penerbangan (poltekbang) pada 2019 ini. Program ini ditujukan untuk warga Surabaya yang kurang mampu.

Kepala Dinsos Kota Surabaya Supomo mengatakan, program beasiswa ikatan dinas ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkot Surabaya dengan Poltekbang Surabaya dan Lion Air Group.

“Syaratnya adalah warga Surabaya yang lulus SMA/MA dari jurusan IPA, sementara yang lulusan SMK berasal dari jurusan teknik,” kata Supomo dalam rilis yang diterima Jatimnet, Kamis 13 Juni 2019.

Tata cara pendaftaran program beasiswa tersebut antara lain menyerahkan foto berwarna terbaru 3x4 dua lembar, fotocopy KTP pendaftar beserta kedua orang tua, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy ijazah atau surat keterangan hasil ujian dari sekolah, dengan ketentuan usia minimal 18 hingga 24 tahun.

BACA JUGA: Kemenag Seleksi Calon Mahasiswa ke Mesir, Sudan dan Maroko

Selain itu, peserta juga diwajibkan melampiri administrasi dengan surat keterangan miskin dari kelurahan, dan surat pernyataan belum pernah menikah dengan diketahui pihak RT/RW setempat.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 Mei sampai 30 Juni 2019, saat ini sudah ada sekitar 30 orang pendaftar,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan peserta bisa datang langsung ke Kantor Dinas Sosial, Jalan Arif Rahman Hakim No 131-133 Surabaya.

Bisa juga melalui daring dengan mendaftar di surel dinsossurabaya@gmail.com dengan ketentuan seluruh persyaratan dikirim dalam bentuk soft file.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Sediakan Beasiswa untuk Anak Warga Eks Lokalisasi

“Sementara untuk hardcopy kelengkapan administrasi, bisa dibawa pada saat tes seleksi,” jelasnya.

Supomo menyampaikan jenis dan tahapan tes akan dilakukan secara bertahap.

Pertama, Dinas Sosial akan melakukan tahapan seleksi administrasi meliputi kelengkapan berkas para peserta.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta kemudian mengikuti rangkaian tes yang akan dilakukan oleh PT. BAT bersama dengan Poltekbang Surabaya.

BACA JUGA: Indonesia Kekurangan 9 Juta Bakat Digital Hingga 2030

“Peserta yang telah dinyatakan lolos tes seleksi, selanjutnya menempuh pendidikan Aircraft Structure selama delapan hingga sembilan bulan di Poltekbang Surabaya,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan beasiswa ini sebagai upaya Pemkot Surabaya dalam rangka memutus garis kemiskinan struktural di Kota Surabaya.

Melalui cara ini, pemkot ingin menepis anggapan bahwa anaknya orang miskin pasti akan miskin.

"Nah, dengan cara ini kemiskinan struktural itu kita coba pangkas," kata Wali Kota Risma.

BACA JUGA: Tujuh Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya Menerima Beasiswa

Ia juga menuturkan bahwa di sisa jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya, ia ingin anak-anak Surabaya berhasil dan sukses.

Karena itu, ia terus melanjutkan kerjasamanya dengan pihak Lion Air Group. “Kami juga bekerjasama dengan beberapa kampus seperti Unair, ITS dan Unitomo supaya anak-anak Surabaya bisa berhasil,” katanya.

Sementara itu, President Director Batam Aero Technic (BAT), Nyoman Rai Pering Santaya menilai bahwa kerjasama ini sangat luar biasa karena Wali Kota Risma bisa memfasilitasi anak-anak yang berkualitas tapi kurang beruntung dalam bidang perekonomiannya.

Anak-anak yang telah dipilih dan diseleksi oleh Pemkot Surabaya dan Poltekbang Surabaya, akan mendapatkan pendidikan dan setelah lulus akan langsung bekerja di PT. BAT yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group.

BACA JUGA: Kemenkominfo Buka Pendaftaran 25.000 Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019

“Dengan beasiswa ini, maka mereka akan langsung bisa bekerja di kami setelah lulus,” kata dia.

Baca Juga

loading...