Tak ada ambang batas untuk penghitungan kursi DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Cara Membagi Kursi Legislatif dalam Pemilu 2019

Dyah Ayu Pitaloka

Senin, 15 April 2019 - 15:52

JATIMNET.COM, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan hasil perolehan suara untuk DPR, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota, dengan tenggat waktu berbeda, namun melalui sistem penghitungan suara yang serupa, dalam Pemilu 2019.

Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dalam pasal 413 menyebut, jika KPU di tingkat nasional akan menetapkan hasil perolehan suara parpol untuk DPR, paling lambat 35 hari setelah pemungutan suara.

Berikutnya, KPU Provinsi, dan Kabupatan/Kota, akan menetapkan hasil masing-masing paling lambat 25 hari untuk DPRD Provinsi, dan 20 hari untuk DPRD Kabupaten/Kota, setelah pemungutan suara.

Selanjutnya, setelah hasil perolehan suara ditetapkan, akan dilakukan penghitungan suara untuk pembagian kursi di parlemen.

BACA JUGA: Ini Proses Penghitungan Suara di Pemilu 2019

Pasal 414 menyebutkan, parpol tersebut harus mendapatkan minimal 4 persen suara sah secara nasional, untuk mengikuti penentuan perolehan kursi di DPR RI.

Sedangkan, untuk penghitungan kursi di DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota, seluruh parpol peserta Pemilu 2019, akan dilibatkan.Ambang batas 4 persen tidak berlaku di tingkat ini.

Pasal 415 menjelaskan metode hitungnya. Yaitu, suara sah parpol akan dibagi dengan bilangan pembagi 1, dan diikuti secara berurutan dengan bilangan ganjil 3,5,7, dan seterusnya, sebagai pembagi.

 

Selanjutnya pasal 420 menjelaskan, jika pembagian akan dilakukan hingga jumlah kursi yang tersedia di dapil tersebut, habis terbagi.

 

BACA JUGA: Pengamanan Pemilu Jatim Disiagakan 1.113 Personel dari Tim Gabungan

 

Di Jawa Timur, Jumlah kursinya mengacu pada Keputusan KPU RI No 278/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

 

Untuk DPRD Provinsi Jawa Timur misalnya, tersedia 120 kursi dari 14 daerah pemilihan. Sedangkan, Kota Surabaya tersedia 50 kursi untuk mewakilli 2.827.89 penduduk.

Baca Juga

loading...