Berkas P-21, Dirut PT DPS Segera Jalani Tahap Dua

M. Khaesar Januar Utomo
M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 1 Mei 2019 - 19:37

JATIMNET.COM, Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim telah merampungkan berkas kasus yang menyeret mantan Direktur Utama (Dirut) PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS), Riry Syeried Jetta. Berkas kasus tersebut sudah dinyatakan sempurna atau P-21 oleh jaksa peneliti, dan dalam waktu tersangka akan menjalani tahap kedua.

Kepala Kejati Jatim Sunarta mengatakan tahap kedua akan dilakukan dalam minggu ini. "Secepatnya lah dalam minggu ini akan kami lakukan tahap dua," bebernya, Rabu 1 Mei 2019.

BACA JUGA: Rekanan PT DPS Bantah Korupsi Pengadaan Kapal

Sunarta mengatakan berkas kasus ini telah dinyatakan sempurna sejak Kamis, 25 April 2019 lalu. Namun, Kejati Jatim belum melakukan tahap kedua.

Meski sudah menjadi tersangka, penyidik tidak menahan Riry Syeried Jetta. Sunarta belum bisa memastikan nantinya akan ditahan atau tidak. "Kita lihat dulu bagaimana nantinya, tapi rekannya itu sudah ditahan ya, jadi lihat saja," katanya.

Seperti diberitakan, berawal dari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menyebutkan adanya dugaan kerugian negara sebesar Rp 60,3 miliar dari proyek pengadaan kapal kapal jenis floating crane sebesar Rp 100 miliar. Proyek pengadaan ini terjadi pada 2016 lalu.

BACA JUGA: PN Tipikor Surabaya Sidangkan Kasus Pengadaan Kapal Floating Crane

Pengadaannya sudah melalui proses lelang dan kapal sudah dibayar sebesar Rp 60,3 miliar dari harga Rp 100 miliar. Dalam lelang disebutkan, pengadaan kapal dalam bentuk kapal bekas dan didatangkan dari negara di Eropa.

Namun, saat dibawa ke Indonesia kapal tersebut tenggelam di tengah jalan. Dari sini kemudian muncul dugaan bahwa, ada spesifikasi yang salah dalam pengadaan kapal tersebut.

Baca Juga

loading...