Banyuwangi Gratiskan Kejar Paket untuk Pelajar Putus Sekolah 

Ahmad Suudi

Rabu, 1 Mei 2019 - 18:17

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Puluhan warga putus sekolah di Banyuwangi mendaftar pendidikan paket A, B dan C gratis di meja pelayanan Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, di Taman Blambangan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, Rabu 1 Mei 2019.

"Pemerintah membuka peluang membuka pendaftaran warga yang belum menuntaskan pendidikan 12 tahun, program ini untuk mengurangi jumlah warga putus sekolah," kata Kepala Dispendik Banyuwangi Sulihtiyono.

Pendaftaran, kata pria yang kerap disapa Sule itu, akan dilayani hingga malam. Bahkan besok masih dilayani di kantor Dispendik.

Mereka akan mulai mengikuti program pendidikan paket tersebut mulai tahun ajaran baru Juli depan, di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) terdekat dari rumah masing masing.

BACA JUGA: Dua Ratusan Perempuan Berkebaya di Banyuwangi Ramaikan Balap 

Menurutnya, kebanyakan warga putus sekolah berasal dari wilayah perkebunan karena sulitnya akses dan ekonomi.

Meskipun begitu, informasi pendaftaran paket C gratis kali ini berhasil sampai pada mereka melalui media sosial, sehingga banyak yang memanfaatkan.

Misalnya, Hifdul Ali Fikri (16) warga Kecamatan Licin yang tidak sempat menamatkan sekolahnya di SMK Negeri 1 Kalipuro karena lemahnya ekonomi keluarga.

Pendidikan paket C yang gratis ini menjadi kesempatannya memiliki ijazah SMA, atau sederajat sehingga bisa digunakan mencari pekerjaan.

BACA JUGA: Ingin Kain Khas Banyuwangi, Kunjungi Galeri Batik Ini

"Sekarang saya kerja di bengkel, inginnya kalau ada kesempatan kerja di perusahaan yang lebih besar lagi," kata Fikri.

Hal serupa juga mendorong Susi (30) warga Kelurahan Kampung Mandar, pulang kampung dari Kabupaten Sidoarjo tempatnya bekerja selama ini.

Meski sudah bekerja di pabrik industri wig atau rambut palsu, dia ingin bekerja di tempat lain dengan gaji lebih tinggi.

"Sering ditawari pekerjaan lain tapi harus ijazah SMA, saya tidak punya. Lalu dibilangi teman ada Paket C gratis, jadi pulang kemarin subuh," kata Susi sembari sibuk menyiapkan berkas-berkas persyaratannya.

Baca Juga

loading...