Dua Ratusan Perempuan Berkebaya di Banyuwangi Ramaikan Balap Sepeda

Ahmad Suudi

Sabtu, 27 April 2019 - 16:20

JATIMNET.COM, Banyuwangi – Sekitar dua ratusan perempuan berkebaya meramaikan ajang balap sepeda Women's Cycling Challenge, yang digelar untuk merayakan Hari Kartini dengan start di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Sabtu 27 April 2019.

Mereka bersepeda menempuh jarak dua kilometer dengan berkeliling Taman Sritanjung dan Pasar Banyuwangi. Aneka kebaya berbagai warna dikenakan, sebagian perempuan juga memasang sanggul dan riasan lengkap sebagaimana tampilan yang digunakan untuk merayakan Hari Kartini.

"Kebaya yang kita gunakan longgar, dan kami merasa nyaman dikenakan sambil bersepeda," kata Peni Handayani, pejabat staf ahli bidang ekonomi dan keuangan Pemkab Banyuwangi yang menjadi salah satu peserta.

BACA JUGA: Peringati Otda di Banyuwangi, Mendagri Minta Pemda Lebih Kreatif

Untuk melengkapi kebayanya yang berwarna hitam, Peni mengenakan celana joger warna cokelat yang dipadu kerudung berwarna sama. Dengan sepeda dan helm yang dipakainya, Peni masuk dalam barisan para pejabat dan pegawai wanita di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

Bahkan sebagian peserta menggunakan jarik atau selendang yang dipakai layaknya rok panjang. Menggunakan rangkap celana panjang atau leging, saat naik sepeda jarik mereka angkat agar tidak tercantol rantai sehingga lebih aman.

BACA JUGA: Ingin Kain Khas Banyuwangi, Kunjungi Galeri Batik Ini

Selain kategori Kebaya Ride, berangkat terlebih dahulu kategori challenge dan fun berjarak 70,6 kilometer. Kategori challenge diisi pebalap-pebalap wanita yang beradu cepat, sedangkan kategori fun mengayuh sepeda dengan santai lewat rute yang sama.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas setelah melepas peserta mengatakan even digelar sebagai apresiasi kepada wanita hebat para pebalap. Suasana titik start dan finish sengaja didesain mirip rumah agar memberikan rasa nyaman pada para peserta.

"Ini sport tourism tempat khusus untuk para wanita hebat, karena ibu yang kuat dan sehat menghasilkan generasi yang hebat," kata Anas.

Baca Juga

loading...