Atraksi Tari Pendet Massal Sambut Jokowi di Pasar Badung

David Priyasidharta

Jumat, 22 Maret 2019 - 08:00

JATIMNET.COM, Denpasar - Tarian Pendet secara massal akan menyambut Presiden Joko Widodo saat meresmikan Pasar Badung, Kota Denpasar, Bali, Jumat 22 Maret 2019. Para penari yang berjumlah 2.000-an orang itu berasal dari sejumlah sekolah SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Sekda Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara di Denpasar mengatakan pasar rakyat terbesar di Bali ini akan diresmikan Presiden Jokowi, sapaan Joko Widodo melalui sebuah penandatanganan prasasti.

Sebelum peresmian dan penandatanganan prasasti, kepada presiden beserta undangan lainnya akan disuguhkan atraksi kesenian Bali, yakni Tari Pendet.

"Kami sudah mempersiapkan untuk penyambutan Bapak Presiden Jokowi pada peresmian Pasar Badung. Karena pasar tersebut seluruhnya telah rampung pembangunannya pascakebakaran tahun 2016," ujarnya.

BACA JUGA: Djaduk Tantang Mahasiswa ISI Bali Berani Bikin Tradisi Baru

Sebelumnya, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakilnya I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan gladi peresmian pasar tersebut sudah dilakukan secara rapi, karena mendatangkan kepala negara dalam peresmian Pasar Badung ini.

Ia mengatakan gladi peresmian pun dilaksanakan dengan khidmat pada Kamis 21 Maret 2019 sore. Sebanyak 2.000 penari Pendet serta 7.500 undangan akan menghadiri peresmian pasar rakyat termegah di Pulau Dewata.

Dari susunan acara yang direncanakan, Jokowi akan tiba di Pasar Badung pada pukul 17.00 WITA. Dalam kesempatan tersebut, selain menandatangani prasasti peresmian Pasar Badung, Jokowi juga akan meninjau pedagang dan Taman Kumbasari Tukad Badung.

BACA JUGA: Sebuah Resor di Bali Larang Penggunaan Smartphone

Wali Kota Rai Mantra mengatakan seluruh persiapan telah dilaksanakan dengan maksimal. Pelaksanaan gladi juga telah sesuai dengan rencana awal. "Persiapan sudah maksimal, jika kita lihat dari gladi sudah maksimal dan kita berharap saat peresmian dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, seluruh panitia telah bekerja dengan maksimal sehinga peresmian pasar kebanggaan masyarakat Kota Denpasar ini dapat diresmikan pengoperasiannya.

Ke depannya Rai Mantra berharap Pasar Badung dapat menjadi pusat pegembangan ekonomi kerakyatan yang budaya dengan tetap memberikan beragam fasilitas yang modern.

BACA JUGA: Pelabuhan Benoa Bali Siap untuk Bersandar Kapal Pesiar

"Pasar rakyat yang direvitalisasi dengan melengkapi beragam fasilitas yang mumpuni diharapkan mampu meningkatkan harkat dan martabat para pedagang untuk memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi kerakyatan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jaya Negara menambahkan bahwa 7.500 undangan tersebut merupakan undangan yang memiliki kaitan erat dengan pengembangan ekonomi kerakyatan.

Terdiri atas pelaku UMKM di Kota Denpasar, LPD, desa dan lurah, desa akraman, banjar adat, pedagang pasar, forum pasar, Dekopinda serta undangan lainnya.

"Pada intinya kami berharap acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita bersama," ucap Jaya Negara. (ant)

Baca Juga

loading...