Arumi Bachsin Minta Anak Berkebutuhan Khusus Diberi Kesempatan Kerja

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 25 Maret 2019 - 20:18

JATIMNET.COM, Surabaya – Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Arumi Bachsin percaya bahwa anak down syndrome mampu mengemban pekerjaan dan berbaur dengan masyarakat. Oleh karenanya, butuh banyak pihak memberikan lapangan pekerjaan untuk anak berkebutuhan khusus.

“Saya melihat anak dwn syndrome (DS) di beberapa negara sudah dipekerjakan, jadi mereka sudah mampu untuk diberikan pekerjaan. Menurut saya hal ini sangat baik, karena ke depannya mereka bisa lebih mandiri," kata Arumi selepas acara peringatan Hari Down Syndrome Dunia di Hotel Shangri-La, Senin 25 Maret 2019.

Dengan adanya lapangan pekerjaan untuk anak DS, dengan sendirinya meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu stigma buruk masyarakat terkait DS bisa berkurang, semakin lunak dan bisa membaur.

BACA JUGA: POTADS Motivasi Orang Tua dengan Anak Down Syndrome

Menurutnya, anak-anak DS bisa diberikan tanggung jawab untuk pekerjaan yang bersifat simpel dan sistematis. Apabila anak tersebut sudah diajarkan caranya, mereka mudah mengingat dan menerapkannya.

"Hal-hal tersebut harus kita eksplor. Misalnya di salah satu perusahaan Jakarta yang sudah memperkerjakan anak DS melipat baju di perusahaan. Nah ini bisa menjadi gambaran bahwa kemampuan itu ada," kata Arumi.

Arumi juga mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan untuk memotivasi anak dan orang tuanya. Ia menilai saat ini melihat kesadaran semua pihak dari pemerintah, sponsorship, Badan Koordinator dan Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jawa Timur, Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrom (POTADS) telah membangun anak bangsa menjadi lebih baik.

BACA JUGA: Usia Kehamilan Kurangi Risiko Down Syndrome

"Anak-anak bangsa bukan hanya yang di sekolah umum saja. Tapi masa depan bangsa juga ada di pundak anak-anak DS ini," kata ketua pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jawa Timur itu.

Selain itu, kegiatan lomba untuk anak-anak DS sangat penting sebagai support system untuk menjadikan anak semakin kuat, percaya diri, dan mandiri.

Arumi juga berpesan kepada orang tua anak dengan DS sepatutnya bangga dengan anak mereka, karena anak berkebutuhan khusus tak memiliki kekurangan justru kelebihan.

"Jangan bilang di dalam keluarga anda ada kekurangan, tapi katakan pada semuanya bahwa di keluarga anda ada kelebihan. Hal ini juga terbukti waktu saya hadir, mereka langsung mencium tangan saya dengan sopan dan sangat ekspresif," katanya.

Baca Juga

loading...