Ackermann Bukukan Kemenangan Kedua di Giro d'Italia

Rochman Arief
Rochman Arief

Kamis, 16 Mei 2019 - 05:32

JATIMNET.COM, Terracina – Pascal Ackermann kembali menunjukkan taringnya sebagai sprinter masa depan. Itu dia tunjukkan dengan mencetak kemenangan keduanya di ajang Grand Tour, Giro d’Italia.

Pebalap Bora-Hansgrohe itu membukukan kemenangan keduanya di etape kelima dengan catatan waktu, tiga jam, 27 menit dan lima detik, dengan menempuh rute Frascati-Terracina berjarak 140 km. Sebelumnya dia sudah membukukan kemenangan pada etape kedua, 12 Mei 2019 lalu.

Mengenakan kaus pimpinan poin warna cyclamen, Ackermann mengku tidak percaya dengan kemenangan keduanya. Sebab etape kelima ini jauh lebih berbahaya, lantaran ditempuh dalam kondisi hujan.

BACA JUGA: Ackermann Rebut Kemenangan Perdana di Ajang Grand Tour

“Itu adalah final gila, (adu sprint) itu benar-benar sulit dalam kondisi hujan,” ungkap Ackermann seperti dikutip Cyclingnews.com, Rabu 15 Mei 2019.

Cukup masuk akal apa yang disampaikan pebalap berkebangsaan Jerman itu. Kondisi jalan yang licin cukup membahayakan untuk beradu sprint. Namun nyali Ackermann untuk beradu sprint dengan pebalap sekelas Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) tidak surut.

Menyusul Gaviria adalah Arnaud Demare (Groupama-FDJ), Caleb Ewan (Lotto Soudal), Matteo Moschetti (Trek-Segafredo), dan Ryan Gibbons (Dimension Data).  

BACA JUGA: Roglic Rebut Maglia Rosa Hari Pertama Giro d'Italia

Ackermann mampu mengalahkan Gaviria dalam pertarungan jarak dekat setelah melakukan serangan 250 meter jelang finish. Satu per satu rekannya dipeluk dan mengaku sulit mempercayai kemenangan ini.

“Saya memercayai rekan setim, Rüdi Selig dalam adu sprint. Saya senang dia menemukan celah bahwa Gaviria unggul posisi. Tapi saya lebih beruntung, bisa melakukan dua sprint,” ungkapnya.

Sementara itu, pemilik Pink Jersey atau Maglia Rosa masih aman dikenakan Primoz Roglic. Pebalap Jumbo Visma itu masih memiliki kolekso waktu, 19 jam, 46 menit dan 25 detik. Dia unggul 35 detik dari pesaing terberatnya, Simon Yates (Mitchelton-Scott) dan pebalap tuan rumah, Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida) terpaut 39 detik.

Baca Juga

loading...