Warga Probolinggo Gratis Menikmati Listrik dan Gas

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:17

JATIMNET.COM, Probolinggo - Warga Desa/Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo dapat menikmati listrik dan gas dengan gratis.

Warga memanfaatkan kotoran hewan ternak (Sapi) yang diubah menjadi biogas sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak dan menghidupkan lampu. Serta pemanfaatan energi matahari, menggunakan sistem solar cell.

Kepala Desa Krejengan, Nurul Huda menjelaskan untuk membuat biogas menggunakan kotoran hewan, warganya menerapkan sistem komunal. Yakni menyiapkan tandon berukuran 3×3×2 meter, sebagai penampungan kotoran sapi.

Dari tandon kemudian disambungkan lewat pipa menuju tabung penyimpanan biogas. Ada sekitar 4.800-6.700 kkal/m3 gas metana, yang dihasilkan dari kotoran sapi tersebut.

BACA JUGA: Kemarau Membawa Berkah Bagi Perajin Bata di Probolinggo

"Semakin banyak kotoran sapi terkumpul di tandon, maka akan semakin banyak pula biogas yang dihasilkan," kata Huda, Rabu 14 Agustus 2019.

Huda menjelaskan, biogas yang terkumpul di tabung, nantinya bisa dimanfaatkan sekitar lima kepala keluarga untuk memasak atau kebutuhan lainnya.

Di samping biogas, menurut Nurul Huda ada pemanfaatan energi lainnya yang dilakukan warga Desa Krejengan. Yakni pemanfaatan energi matahari.

Melalui energi matahari, warganya bisa memanfaatkan untuk keperluan listrik sehari-hari mulai menyalakan televisi, kulkas hingga penerangan jalan desa.

BACA JUGA: Produksi Turun, Petani Garam Probolinggo Gagal Panen

Imbuh Huda, pemanfaatan energi alternatif, sudah berjalan sebulan terakhir. Pembuatannya sendiri, digarap menggunakan dana swadaya masyarakat.

"Tentunya lewat energi alternatif ini, warga bisa lebih hemat karena bisa masak dan menggunakan listrik tanpa biaya," jelasnya.

Sementara warga Desa Krejengan, Siti Uliya mengaku sangat terbantu dengan pemanfaatan dua energi alternatif itu, dimana membuat pengeluarannya sehari-hari menjadi lebih hemat."Dulu sebulan bisa keluar uang Rp500 ribu, untuk keperluan bayar listrik dan beli gas. Tapi sekarang lebih hemat, tidak ada biaya sekalipun," jelasnya.

Baca Juga

loading...