Wagub Emil Usulkan Transportasi Kereta Gantung di Kota Batu

Baehaqi Almutoif

Sabtu, 6 April 2019 - 16:44

JATIMNET.COM, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menilai sebagai kota wisata, Kota Batu butuh sistem transportasi terpadu yang terhubung dengan wilayah Malang. 

Mantan Bupati Trenggalek itu menjelaskan, selama ini wisata di Batu sudah berkembang pesat. Pariwisata di kota apel mampu tumbuh bagus. Bahkan menjadi rujukan bagi banyak keluarga. 

"Saya pikir Kota Batu merupakan tempat yang tepat untuk pelaksanaan (berbagai) kegiatan seperti ini, karena merupakan kota yang sangat inspiratif," ujar Emil dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 6 April 2019.

Hanya saja seiring dengan perkembangan yang terus bertambah baik, perlu ada penataan.

BACA JUGA: Antisipasi Macet, Sektor Swasta Sediakan Angkutan Gratis di Batu

Emil menganggap arus kendaraan pribadi ke Batu sudah sangat padat. Mobilitas wisatawan menuju Kota Batu tersendat, sehingga perlu dicari solusi yang tepat, dan jumlahnya bisa semakin bertambah. 

Butuh alternatif angkutan massal untuk mengantisipasinya. Wakil gubernur kelahiran Jakarta itu mengusulkan kereta gantung atau cable car. Moda transportasi ini nanti melayani pengunjung dari Malang. 

"Kita perlu mendesain bahwa wisatawan kesini tidak hanya menggunakan mobil pribadi, karenanya dibutuhkan alternatif dan shuttle yang disiapkan untuk mengangkut penumpang," tuturnya. 

Selain itu, diversifikasi atau penganekaragaman pariwisata diKota Batu, juga perlu didorong. Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan untuk menambah khasanah pariwisata dan daya saingnya. 

BACA JUGA: PHRI Prediksi 30 Ribu Orang Per Hari Kunjungi Batu

"Selain kreatifitas juga diperlukan diversifikasi, misalnya dengan menambah wisata-wisata yang bertemakan agro," tuturnya

Baca Juga

loading...