Wagub Emil Sarankan Masyarakat Jatim Tekuni Empat Bidang

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 20 April 2019 - 18:56

JATIMNET.COM, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyarankan masyarakat menekuni empat bidang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bidang tersebut meliputi insinyur, sains, teknologi dan matematika.

"Empat bidang ini yang agak rendah di Indonesia," kata Emil saat diwawancari usai memberikan sambutan dalam acara World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 di Graha ITS Surabaya, Sabtu 20 April 2019.

Untuk mengembangkan potensi tersebut salah satunya dengan menempuh pendidikan kuliah, baik dalam maupun luar negeri.

Emil mengungkapkan dengan diadakannya pameran beasiswa ini akan menjadi wadah atau penyalur generasi muda dalam memperoleh universitas yang berkualitas. Sehingga bangsa bisa mencetak mahasiswa yang potensial untuk membawa perubahan positif dalam negeri.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Dorong Mahasiswa dan Santri Jadi Pengusaha

"Perlu diingat untuk generasi muda agar meningkatkan sifat nasionalisme dalam menempuh suatu pendidikan," katanya.

Jadi dalam memperoleh beasiswa harus dibarengi dengan startegi yang sesuai, lanjut Emil. Salah satunya adalah dengan menumbuhkan rasa nasionalisme dan sumbangsih yang akan diberikan untuk bangsa.

Emil juga menjelaskan, selain nasionalisme, generasi muda harus bisa mengubah kualitas pribadinya. Seperti kontribusi yang sudah dilakukan dalam membawa perubahan baik dalam lingkungannya.

"Nah selain program tersebut, kami akan terus mengembangkan kualitas SDM melalui beberapa program. Misalnya dengan adanya Milenial Job Center (MJC), dan pengembangan kewirausahaan," kata Emil.

BACA JUGA: Khofifah Bagi-bagi Hadiah untuk Generasi Milenial dan Gen Z

Ia berharap kegiatan-kegiatan ini bisa mencetak putra putri bangsa yang unggul. Oleh karena itu, ia akan terus turun ke lapangan untuk bertukar pengalaman dan memotivasi langsung kepada masyarakat.

"Semakin banyak yang saya temui akan menumbuhkan kemauan masyarakat untuk menempuh pendidikan," kata dia.

Perlu diketahui dalam sambutannya, Emil menyampaikan bahwa jumlah sarjana S3 di Indonesia masih rendah dibanding dengan Malaysia dan Emil menyampaikan, pada 2019 Indonesia harus mencetak 300 ribu sarjana baru untuk menandingi Malaysia.

Baca Juga

loading...