Wabup Ponorogo Temukan Kaleng Susu Rusak dalam Sidak Ramadan

Gayuh Satria Wicaksono

Rabu, 15 Mei 2019 - 20:20

JATIMNET.COM, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo bersama Polres Ponorogo melakukan sidak ke beberapa gudang makanan dan beberapa pasar tradisional pada pekan kedua Ramadan.

Sidak ini untuk mengetahui stok kebutuhan pangan, di antaranya bumbu dapur dan kualitas produk kemasan serta tanggal kadaluarsa produk makanan menjadi.

“Beberapa jenis barang dagangan harga sudah mulai stabil kembali dibandingkan awal Ramadan kemarin,” kata Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, Rabu 15 Mei 2019.

Soedjarno menerangkan jika dalam sidak di Pasar Legi Songgolangit ini tidak menemukan hal yang merugikan konsumen. Beberapa harga kebutuhan pokok seperti beras, sayuran, dan daging tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan.

BACA JUGA: Ramadan, PMI Ponorogo Buka Stan Donor di Masjid

“Bahkan untuk harga bawang putih yang awalnya melonjak sampai Rp 50 ribu per kilogram sekarang sudah susut menjadi Rp 30 ribu,” terangnya.

Namun dalam sidak di Pasar Songgolangit ini masih ditemukan beberapa barang berupa sembako yang tidak memiliki izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Akan tetapi beberapa pedagang mengaku jika menjual produk tersebut dengan cara mengecer.

Sedangkan untuk sidak pada gudang sembako, wabup bersama tim menemukan beberapa makanan dengan kemasan yang sudah rusak. Seperti kaleng susu yang beberapa bagiannya penyok dan beberapa bungkus mie, tepung dan gula yang kemasannya sudah rusak.

BACA JUGA: Mitos dan Segar Manis Dawet Jabung Ponorogo

“Kata pemilik gudang untuk barang yang penyok tidak akan dijual dan ini akan dikembalikan ke produsennya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menuturkan jika ketersedian stok bahan pangan di pasaran, khususnya Kabupaten Ponorogo masih aman dan masih mencukupi untuk kebutuhan selama Ramadan.

“Jika ada laporan terkait dengan penimbunan barang akan kami tindak tegas,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...