WA Bakal Memiliki Mode Gelap Versi Android

Nani Mashita

Jumat, 29 Maret 2019 - 05:29

JATIMNET.COM, Surabaya – Whatsapp (WA) dilaporkan bakal mempublikasikan mode gelap untuk versi Android dari aplikasinya. Langkah aplikasi milik Facebook ini mengikuti keputusan perusahaan teknologi lainnya, seperti Google, Facebook Messenger dan Twitter.

WA menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer berkat keberhasilannya menerapkan fitur enkripsi en- to-end. Tapi setelah itu, WA seolah-olah berjalan di tempat. Maka perlu sebuah inovasi untuk menarik perhatian pengguna.

Pada akhirnya, WhatsApp memilih untuk mengembangkan fitur mode gelap, sepeti ilansir dari wabetainfo.com, Kamis 28 Maret 2019. Perusahaan melakukan pembaruan dalam versi 2.19.82 sebagai bagian upaya menghindari bug dalam WA. 

BACA JUGA: WhatsApp Hapus 2 Juta Akun Hoaks

Hal serupa dilakukan oleh Facebook Messenger, Twitter, bahkan Google dilaporkan bekerja pada mode gelap untuk sistem Android Q. Para pengembang menerima masukan jika pengguna lebih menyukai skema warna yang lebih gelap agar lebih nyaman untuk dilihat serta ramah pada mata.

Adapun warna yang dipakai untuk mode gelap di WA tidak hanya berwarna hitam mutlak, tetapi warna abu-abu tua. Ini membuatnya menjadi lebih ramah untuk layar OLED dan membuat mata tidak lelah akibat tinggi antara hitam dan putih.

Adapun tampilan mode gelap ini tersembunyi dalam pembaruan beta terbaru untuk WA. Jadi pengguna Android harus mengaktifkan sebuah kode untuk mengaktifkan mode gelap.

BACA JUGA: Whatsapp Bikin Fitur untuk Cegah Berita Hoax Viral

Belum diketahui kapan mode gelap ini akan bisa dipakai di aplikasi secara luas. Tapi WA sepertinya harus bergegas karena FB Messenger, Telegram, Viber dan aplikasi perpesanan pesaing lainnya telah menambah fitur mode gelap di aplikasi mereka. 

Sebelumnya, fitur end-to-end milik WA menarik perhatian pengguna aplikasi perpesanan. Fitur ini membuat pengguna dan teman chat saja yang bisa membaca apa yang sudah dikirimkan dan tidak bisa dibaca pihak ketiga, termasuk WA. Fitur pengaman ini muncul secara otomatis dan tidak bisa dinonaktifkan. 

Baca Juga

loading...