Turis Jerman Lawan Petugas TNBTS Naik ke Kawah Bromo

Zulkiflie

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:47

JATIMNET.COM, Probolinggo - Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), terlibat aksi saling dorong dengan wisatawan asal Jerman yang memaksa masuk zona larangan ke kawah Gunung Bromo.

Aksi saling dorong tak terhindarkan ketika turis asal Jerman nekat menerobos areal 1 kilometer dari kawah aktif Bromo yang kini sedang erupsi. Peristiwa ini direkam melalui kamera ponsel dan diunggah akun Instagram @matajitu. 

Dihubungi via selulernya, Kepala Seksi Wilayah 1 BB TNBTS Sarmin membenarkan adanya turis asing yang membandel nekat naik ke kawah Gunung Bromo.

BACA JUGA: Bromo Terus Erupsi, Petani Tengger Cemaskan Lahan Pertanian

Menurut Sarmin, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat 22 Maret 2019 sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu Turis asal Jerman bersama pasangannya asal Rusia, hendak memasuki zona 1 kilometer dari bibir kawah Bromo.

Keduanya bahkan sempat diingatkan petugas namun turis asing asal Jerman membandel menuju kawah dan mendorong petugas yang menghalanginya hingga terjatuh.

"Larangan dilakukan, karena saat ini status Bromo masih erupsi. Jadi petugas mengambil tindakan tegas, untuk menjaga keselamatan mereka" kata Sarmin, Sabtu 23 Maret 2019.

BACA JUGA: Abu Vulkanik Gunung Bromo Guyur Sembilan Desa Suku Tengger

Petugas BB TNBTS kemudian meminta turis asal Jerman meminta maaf di hadapan petugas karena telah melanggar zona larangan di obyek wisata Gunung Bromo.

Informasi PVMBG terkait erupsi Gunung Bromo per 23 Maret 2019 pukul 12.00 WIB tercatat tinggi asap dari kawah Gunung Bromo berada angka 300-900 meter.

Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu, dan hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal.

Tremor menerus 0,5 - 12 milimeter, dominan 2 milimeter. Status Gunung Bromo masih dinyatakan Waspada level II, di mana masyarakat aman di luar radius satu kilometer dari bibir kawah. 

 

Baca Juga

loading...