Tujuh Penyidik Polda Jatim Dilaporkan ke Propam Mabes Polri

M. Khaesar Januar Utomo

Selasa, 14 Mei 2019 - 20:18

JATIMNET.COM, Surabaya – Kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis melaporkan anggota Polda Jatim ke Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri. Upaya ini dilakukan lantaran adanya kejanggalan dalam pemeriksaan kliennya yang ditangani Polda Jatim.

Milano mengaku jika laporan tersebut sudah dilayangkan ke Propam Mabes Polri, Selasa 14 Mei 2019, sekitar pukul 13.00 WIB. Dengan melaporkan tujuh penyidik ke Mabes Polri agar ada langkah yang benar dalam proses penyidikan.

“Sudah kami laporkan tujuh penyidik Polda Jatim Ke Propam Mabes Polri. Kami harap ke depan agar tidak ada unsur pemaksaan dalam penyidikan,” katanya selepas mengirim laporan ke Mabes Polri.

Hanya saja sejauh ini Milano enggan menyebut ketujuh penyidik Polda Jatim yang dilaporkan ke Mabes Polri. Meski demikian, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Mabes Polri proses hukum tujuh penyidik Polda Jatim yang dilaporkan.

BACA JUGA: Eksepsi Vanessa Angel Ditolak Hakim

“Kami tidak mau bicara di sini. Itu ranahnya Mabes Polri melakukan penyidikan. Prinsipnya kami percaya dengan Mabes Polri membuka apakah penyidik-penyidik terbukti salah atau tidak. Kalau salah, ya harus diberi sanksi,” urai Milano.

Milano menjelaskan laporan ini harus dibuat sebagai pelajaran bagi semua pihak. Sebab, menurutnya, semua orang bisa saja kesandung Pasal 17 ayat 1 dan bisa dinyatakan bersalah.

Hal ini menurut Milano sangat berbahaya. Unsur pidana dalam kasus Vanessa misalnya, merupakan chat pribadi antara kliennya dengan muncikari.

“Pada sidang sebelumnya penyidik mengatakan tidak ada distribusi sosial media. Hanya antara muncikari dan Vanessa. Itu adalah bentuknya chat pribadi. Nah kalau ini dihukum bisa menjadi yurisprudensi bagi kasus-kasus lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA: Alamat Pemesan Vanessa Angel, Rian Subroto di BAP Palsu?

Sementara itu, Vanessa Angel berharap agar segera dibebaskan Majelis Hakim PN Surabaya. Ia berharap hakim dapat memutus kasus yang tengah menjeratnya dengan seadil-adilnyanya. “Semoga hakim memberi keputusan yang terbaik untuk saya," singkatnya

Sementara itu Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, terkait pelaporan kuasa hukum Vanessa ia tak bisa memberikan tanggapan. Pasalnya yang memiliki wewenang adalah Mabes Polri.

“Kita sudah mengetahui laporan itu, Laporan itu ya kewenangan mabes, bukan Polda Jatim karena laporannya di sana,” Barung memungkasi klarifikasi.

Redaksi telah mengubah judul yang sebelumnya tertulis, Tujuh Propam Polda Jatim Dilaporkan ke Mabes Polri

Baca Juga

loading...