Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Senin, 13 Mei 2019 - 18:44

JATIMNET.COM, Surabaya – Presiden Joko Widodo meresmikan tol Pandaan-Malang seksi I, seksi II, dan seksi III, Senin 13 Mei 2019. Dalam tiga pekan ke depan ruas tol yang diklaim dapat memecah kemacetan jalur Surabaya-Malang, itu akan digratiskan.

Gratisin dulu sampai Lebaran untuk percobaan. Dan sudah dijawab dan dipastikan bisa,” ujar Jokowi, sapaan karibnya melalui keterangan resmi yang diterima Jatimnet.com, Senin 13 Mei 2019.

Jalan tol Pandaan-Malang ini diharapkan mampu mempersingkat waktu tempuh. Dari sebelumnya jarak Surabaya-Malang ditempuh 3-3,5 jam, sekarang jarak tersebut diperkirakan bisa dipangkas hanya dalam waktu 1 jam. Begitupun dengan mobilitas barang, jasa, maupun orang.

BACA JUGA: Volume Arus Mudik 2019 Diprediksi Meningkat 15 Persen

Dengan dioperasionalkan tol, area Malang Raya nantinya betul-betul menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi dengan tol. Sehingga membawa dampak pertumbuhan ekonomi menjadi semakin baik dan meningkat.

“Memang masih kurang sedikit, kurang 7,8 kilometer. Tapi tadi saya sudah kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun, maksimal. Sukur bisa maju,” urainya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memyambut baik peresmian jalan tol Pandaan-Malang Seksi I sampai III. Pengoperasian tol tersebut sangat penting untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan jelang dan selama Lebaran untuk jalur Surabaya-Malang.

“Kami sangat bahagia karena Bapak Presiden (Joko Widodo) berkenan meresmikan tol Pandaan-Malang hari ini, karena ini sudah masuk desain dan exercise kami untuk persiapan titik-titik transmisi utama, salah satunya BBM,” kata Khofifah.

BACA JUGA: Rest Area Tol Bakal Disulap Lebih Instagramable

Pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, sebut Gubernur Khofifah diharapkan mampu mengurai kemacetan kendaraan pada jalur Surabaya-Malang. Apalagi, berdasarkan data, hampir 65 ribu kendaraan dalam keadaan normal two way traffic dari Surabaya-Malang.

Sedangkan, pada Sabtu-Minggu ataupun lebaran, jumlahnya diperkirakan meningkat. Titik kemacetan yang harus dilewati terdapat di Pandaan, Lawang, dan Purwosari.

“Diperkirakan sekitar 45 ribu dari total kendaraan tersebut akan terurai melalui tol Pandaan-Malang. Sehingga kita berharap mobilitas orang, barang dan jasa bisa semakin cepat,” bebernya.

Gubernur Khofifah berharap, akan ada percepatan untuk pembangunan tol Pandaan-Malang Seksi IV dan V sejauh 7,8 Km. Jika ini sudah selesai, dirinya optimis jumlah wisatawan ke Batu dan Malang bisa semakin meningkat.

Baca Juga

loading...