Tiket Pesawat Mahal, DLU Targetkan Penumpang Kapal Naik

Baehaqi Almutoif

Minggu, 26 Mei 2019 - 09:36

JATIMNET.COM, Surabaya - PT Dharma Lautan Utama (DLU) menarget pertumbuhan pemudik tahun ini lebih tinggi dari target pemerintah, sebesar lima persen. Perusahaan yang bergerak disektor pelayaran itu optimis, jumlah penumpang pada mudik Idul Fitri 1440 Hijriah naik hingga tujuh persen.

Direktur Utama PT DLU Erwin Poedjiono berani menargetkan lebih tinggi karena melihat perkembangan harga tiket pesawat yang masih tinggi.

"Memang ada pengaruhnya dari kenaikan harga tiket pesawat," ujar Erwin dikonfirmasi, Minggu 26 Mei 2019.

Kesiapan mudik telah dimatangkan sejak April lalu. Termasuk sumber daya manusia, dan armada yang kapasitasnya ditambah 15 persen.

BACA JUGA: DLU Batulicin Siapkan Dua Kapal Layani Mudik ke Surabaya

Erwin mengaku menambah dua unit armada penyeberangan Surabaya-Banjarmasin dan Surabaya-Balikpapan.

Selain menambah kapasitas penumpang dengan beberapa renovasi untuk kapal penyeberangan.

"Dari pemerintah memang diberi dispensasi tambahan (kapasitas) sampai 30-40 persen penumpang. Dengan syarat alat keselamatannya dipenuhi," tuturnya.

Erwin menyebut, puncak arus mudik untuk moda transportasi kapal terjadi H-3 lebaran. Seluruh tiket yang dijual dalam jaringan (daring) untuk keberangkatan H-3, telah terjual seluruhnya.

BACA JUGA: Sarana Transportasi Tol Laut Kurang Maksimal Angkut Barang

"Untuk strategi tarif pemerataan penumpang supaya tidak menunpuk di H-3, tapi jauh hari kami sudah berlakukan tiket lebih murah. Supaya kalau masyarakat menyeberang lebih awal atau kembali pulang lebih awal," bebernya.

Erwin berharap, mudik lebaran 2019 berjalan lancar. Pertumbuhan penumpang sudah mulai terlihat, terutama aliran penumpang dari luar Jawa.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan pertumbuhan angkutan laut lebaran 2019 mencapai 3,91 persen dari tahun lalu.

Pada mudik lebaran 2018, jumlah penumpang yang menggunakan kapal tercatat 1,31 juta orang. Tahun ini penumpang kapal laut dipatok 1,37 juta orang.

Baca Juga

loading...