Tiga Muncikari Vanessa Angel Divonis Lima Bulan

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 29 Mei 2019 - 20:56

JATIMNET.COM, Surabaya – Tiga muncikari Vanessa Angel divonis lima bulan penjara Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Tiga muncikari itu antara lain Endang Suhartini alias Siska, Tentri Novanta dan Intan Permatasari Winindya.

Sidang yang digelar di ruang Garuda PN Surabaya, Rabu 29 Mei 2019 ini membuat ketiganya tampak tegang. Meskipun saat itu Vanessa Angel dan beberapa kuasa hukum tampak bercanda di dalam ruang sidang sebelum sidang dimulai.

Dalam vonis yang dibacakan hakim itu, ketiganya dijerat dengan pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Terdakwa Intan Permatasari Winindya Chasanovri alias Nindy terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan tau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Menjatuhkan pidana kepada Nindy dengan pidana selama lima bulan dengan denda Rp 5 juta apabila tidak mampu dapat mengganti kurungan satu bulan,” ujar ketua majelis hakim Dwi Purwadi.

BACA JUGA: Dituntut Tujuh Bulan Penjara, Muncikari Vanessa Angel Ajukan Pleidoi

Hal yang sama juga dijatuhkan Majelis Hakim Anne Rusiana kepada terdakwa muncikari Tentri Novanta. Tentri dijatuhi hukuman lima bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan.

“Terdakwa (Tentri Novanta) terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Menjatuhkan pidana kepada Tentri dengan pidana selama lima bulan dengan denda Rp 5 juta apabila tidak mampu dapat menggantu kurungan  satu bulan,” ujar Anne, saat membacakan vonis.

Sementara itu, untuk terdakwa muncikari Endang Suhartini alias Siska, pihak kuasa hukum lebih dulu mengajukan pledoi. Sidang yang berlangsung terbuka itu langsung dilanjutkan dengan pembacaan vonis.

BACA JUGA: Dua Ahli Tak Datang, Sidang Vanessa Angel Ditunda

“Terdakwa Endang Suhartini alias Siska terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan tau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Menjatuhkan pidana kepada Siska dengan pidana selama lima bulan dengan denda Rp 5 juta apabila tidak mampu dapat menggantu kurungan satu bulan,” ujar hakim Anne Rusiana usai mendengar pledoi terdakwa Siska.

Usai dibacakan putusan, ketiga terdakwa serta seluruh kuasa hukumnya mengaku menerima putusan vonis yang dijatuhkan majelis hakim dan tidak mengajukan banding.

Pantauan di lokasi, setelah persidangan para terdakwa, Siska, Nindy, dan Tentri nampak haru usai vonisnya dibacakan. Mereka menyalami sejumlah hakim dan jaksa yang hadir. Mereka juga terlihat berpelukan dengan Vanessa Angel yang saat itu masih menjalani sidang dengan agenda saksi dari Ahli.

Baca Juga

loading...