Target Penyaluran KUR BRI Naik 19,4 Persen

Ahmad Suudi

Jumat, 8 Februari 2019 - 17:55

JATIMNET.COM, Banyuwangi - Bank Rakyat Indonesia menaikkan target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2019 menjadi sebesar 19,4 persen dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu, penyaluran KUR sudah terealisasi sesuai target yakni Rp 72 triliun. Pada tahun ini, target penyaluran bertambah Rp 14 triliun menjadi Rp 86 triliun.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan pihaknya optimis target akan kembali tercapai seperti tahun sebelumnya. Menurutnya, target tahun lalu sebetulnya kurang tinggi karena usaha kecil masyarakat masih hendak menyerap KUR BRI.

BACA JUGA: Topang Pertumbuhan Kredit dengan Tingkatkan DPK

"Tahun kemarin Rp 72 triliun terserap semua, dan kita malah kurang sih sebetulnya," kata Suprajarto di Banyuwangi, Jumat 8 Februari 2019.

Dia mengatakan potensi nasabah dari kalangan pengusaha kecil sangat mendukung tercapainya target penyaluran KUR BRI, termasuk untuk menggerakkan ekonomi masyakarat kecil. Sedangkan usaha yang sekarang menjadi tumpuan ekonomi nasional adalah dari bidang agribisnis.

"Daripada dinikmati bank-bank asing, lebih baik (kredit modal usaha kecil) kita yang mengelola," imbuhnya.

Suprajarto mengatakan nasabah kelas ekonomi kecil memberikan keuntungan di sisi pembayaran kredit. Pasalnya, mereka lebih tertib dalam pembayaran sehingga mengurangi risiko tunggakan atau Non Performing Loan (NPL). Ia juga mengatakan catatan NPL KUR tahun 2018 masih kecil.

BACA JUGA: Soekarwo Berharap Bunga Kredit IKM Bisa Lebih Rendah

"Tidak ada kekhawatiran NPL tinggi karena di segmen itu justru lebih patuh, karena orang kecil itu takut nunggak," pungkas Suprajarto.

Kedatangannya ke Banyuwangi sendiri untuk membahas rencana pelatihan enterpreneurship barista kopi untuk para santri akhir Februari mendatang. BRI juga rencananya menjadi penyandang dana penyelenggaraan Banyuwangi Beach Jazz Festival yang akan digelar Agustus 2019.

"Di Banyuwangi sudah muncul barista-barista muda, namun belum terkonsolidasi dengan packaging yang menarik. Maka dengan BRI nanti mudah-mudahan akan tertangani dengan baik," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga

loading...