JATIMNET.COM, Doha – Petenis Ukraina Elina Svitolina mendapat wild card untuk berpartisipasi di Qatar Total Terbuka 11-16 Februari. Masuknya petenis peringkat tujuh dunia itu dipastikan meramaikan turnamen yang masuk kalender WTA itu.

Berdasarkan keterangan resmi dari Qatar Total Terbuka, rabu 6 Februari 2019, nama-nama yang sudah pasti hadir di antaranya Simona Halep, Angelique Kerber, Caroline Wozniacki, Anastasija Sevastova, Jelena Ostapenko, Madisoon Keys, dan Carla Suarez Navaro.

Selain itu, sejumlah nama petenis-petenis Arab lainnya juga dipastikan tampil. Sebut saja petenis Tunisia, Ons Jabeur dan Fatima Al Nabhani (Oman). Keduanya akan mendampingi Svitolina dan Wozniacki yang sama-sama mendapatkan wild card dalam turnamen yang digelar di Khalifa International Tennis & Squash Complex, Doha.

BACA JUGA: Tomic Dituduh Rusak Reputasi Tenis Australia

Jabeur merupakan petenis keturunan Arab yang memiliki peringkat WTA tertinggi. Petenis berusia 24 tahun itu duduk di peringkat 56 dunia, dan sebelumnya telah menjuarai sejumlah turnamen ITF, seperti Prancis Terbuka 2011.

Di sisi lain, Nabhani memiliki rekor menang-kalah 13-7, telah mengoleksi sepuluh gelar di ITF. Saat ini Nabhani (27) menjadi anggota tim Fed untuk Oman.

Petenis tuan rumah Mubaraka Al Nuaimi dan petenis Lebanon Julia El Baba berkesempatan mencicipi turnamen WTA dengan total hadiah 851,031 dolar Amerika Serikat (Rp 11,9 miliar). Namun kedua petenis ini terlebih dahulu melewati babak kualifikasi yang akan dilangsungkan 9-10 Februari.

BACA JUGA: Naomi Osaka Jumpa Elina Svitolina

Sebelumnya juara Australia Terbuka 2019, Naomi Osaka dipastikan absen lantara cedera. Dilaporkan BBC Sport, Osaka mengalami cedera punggung sejak mengikuti Hong Kong Terbuka 2018 lalu.

Meski demikian, absennya petenis peringkat satu asal Jepang itu tidak mengurangi greget turnamen yang sudah digelar sejak tahun 2001 itu. Sebab sejumlah petenis papan atas telah tiba di Doha, seperti Kerber yang sudah tiba Rabu 6 Februari 2019 waktu setempat.

Edisi terakhir dimenangi petenis asal Republik Ceko, Petra Kvitova tahun 2018 silam. Di partai puncak dia mengalahkan petenis asal Spanyol, Garbine Muguruza, 3-6, 6-3, dan 6-4. Itu merupakan kemenangan beruntun ke-13 yang dibukukan Kvitova.