SMA Trimurti Rayakan Kelulusan dengan Baksos Lintas Agama

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 14 Mei 2019 - 14:39

JATIMNET.COM, Surabaya – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Trimurti merayakan kelulusan dengan melakukan bakti sosial ke panti asuhan. Kegiatan ini bertujuan mengubah sudut pandang masyarakat mengenai berbagai macam perayaan kelulusan siswa yang kerap dianggap negatif.

Kepala Sekolah SMA Trimurti Syarif Andri Setyawan menyampaikan bakti sosial (baksos) dibagi di tiga lokasi dengan latar belakang keagamaan yang berbeda. Harapannya siswa mendapat pendidikan mengenai kebhinekaan yang akan berguna pada kehidupan bermasyarakat.

“Selama ini kan kelulusan identik dengan corat- coret seragam dan konvoi motor di jalan raya. Kami ingin mengubah dan mengarahkan siswa ke hal yang lebih positif," kata Syarif Andri Setyawan melalui rilis yang dierima Jatimnet.com, Selasa 14 Mei 2019.

Tahun 2019 ini, merupakan tahun pertama menggunakan konsep perayaan kelulusan yang berbeda dibuat SMA Trimurti. Yakni mengajak siswanya melakukan kegiatan sosial di sejumlah panti sosial anak di Surabaya.

BACA JUGA: Penggratisan SMA/SMK di Surabaya Bisa Melalui Mekanisme Dana Hibah

Syarif mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk membangun pribadi sosial bagi siswa setelah lulus. Dengan bentuk syukuran kelulusan tersebut akan melatih siswa untuk berbagi dengan saudaranya yang tidak mampu dan berbeda.

“Kegiatan ini dibagi dalam tiga kelompok, meliputi kunjungan ke Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) kelas XII IPA 1, XII IPA 2, dan XII IPS 2. Di Panti Asuhan Putra Imanuel kelas IPA 5 dan IPS 1. Sedangkan di Panti Asuhan Aisyah Tong Maryam kelas IPA 3, dan IPA 4,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas Iwan Yulianto, menyampaikan bahwa bantuan yang di berikan ini berupa pakaian dan bahan-bahan pokok yang dikumpulkan secara gotong royong siswa kelas XII dan pihak sekolah.

"Harapannya bisa membantu saudara-saudara yang tidak mampu,” katanya

BACA JUGA: Sebagian Guru SMA Surabaya Sarankan Siswa Belajar dari Wikipedia

Salah satu siswi yakni Cindy Salsabillah (17), mengatakan kegiatan ini sangat berguna. Karena selain untuk membantu sesama juga mengajarkan kebhinekaan bagi siswa- siswi SMA Trimurti

Kepala Panti Anak Putra Imanuel yang beralamatkan di Jalan Gatotan 36 Surabaya, Mayor Ni Wayan Seneng mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah mengirim bantuan.

Ia berharap siswa-siswi SMA Trimurti bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan bisa mewujudkan cita-citanya.

Sementara itu berdasarkan pantauan Jatimnet.com di Jalan Tambaksari Surabaya, terdapat beberapa siswa SMA sekolah lain merayakan kelulusan dengan aksi coret-coret seragamnya dan konvoi di jalan raya.

Baca Juga

loading...