Sikap MUI Probolinggo Soal Seruan "People Power"

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Selasa, 14 Mei 2019 - 14:59

JATIMNET.COM, Probolinggo – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo, ambil suara terkait seruan “People Power”, pasca Pemilu 2019.

Sekretaris MUI, H Yasin, meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh seruan “People Power”, baik di media massa maupun media sosial.

Melalui sambungan selulernya, H Yasin meminta masyarakat agar mengikuti isi maklumat yang dikeluarkan MUI pada 2 Mei 2019, terkait Ramadan 1440 hijriah.

Pada poin 4, MUI meminta masyarakat agar menjauhkan diri dari ucapan, perbuatan, maupun sikap yang dapat merusak nilai/pahala ibadah; khususnya yang terkait dengan kemaksiatan mata, telinga, mulut, dan anggota badan lainnya. Juga mengenai gerak hati yang harus dipelihara, agar tidak mengarah kepada kemaksiatan.

BACA JUGA: MUI Tulungagung Minta Pemda Tata Ulang Tempat Hiburan Malam

Poin 7, meminta masyarakat khususnya umat islam menghindari perdebatan/ berbantah-bantahan dalam masalah-masalah yang bersifat khilafyah furu’iyah (perbedaan pendapat dalam masalah cabang bukan pokok seperti masalah jumlah rakaat shalat tarawih, masalah qunut dalam witir, dsb), yang dapat meretakkan ukhuwah islamiah

Dan poin 12, meminta semua pihak untuk menjaga kesucian bulan Ramadan dengan tidak serta merta menggunakan mimbar masjid atau musala, untuk digunakan sebagai sarana berpolitik praktis.

Sementara, menanggapi ketidaksetujuan atas hasil penghitungan perolehan suara Pemilu, Yasin menyebut semuanya ada kewenangan masing-masing, begitupun secara aturan.

“Kami dari MUI meminta masyarakat, agar menggunakan isi maklumat dari MUI sebagai acuannya. Karena maklumat sendiri, kami putuskan secara musyawarah dan telah kami baca bersama isinya dengan para ulama Se-Kabupaten Probolinggo, dan para ketua ormas,”Jelas Yasin, Selasa 14 Mei 2019.

BACA JUGA: Ulama Jadi Tim Sukses, Waketum MUI: Organisasi Netral

Total terdapat 12 poin dalam maklumat tersebut. Intinya, agar masyarakat menghormati dan menjaga kesucian bulan penuh berkah dan ampunan ini.

Baca Juga

loading...