Sidang Ujaran Kebencian, Sebelas Pengacara Kawal Terdakwa Gus Nur

M. Khaesar Januar Utomo

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:19

JATIMNET.COM, Surabaya - Pengadilan Negeri Surabaya menggelar sidang perdana kasus ujaran kebencian dengan terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, Kamis 23 Mei 2019. Terdakwa yang juga pendakwah asal Palu ini mengerahkan sebelas pengacara untuk mendampinginya dalam persidangan.

Majelis hakim mengawali sidang yang digelar di Ruang Cakra dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Basuki Wiryawan. Dalam dakwaannya, jaksa menganggap terdakwa telah mengunggah video dengan judul (akun) "Generasi Muda NU Penjilat".

BACA JUGA: Kejati Jatim Anggap Wajar Gus Nur Didampingi 20 Pengacara

Dalam video itu, terdakwa melontarkan kata-kata yang diduga mengandung unsur ujaran kebencian.

Jaksa menjerat terdakwa dengan pasal 27 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 juncto pasal 45 ayat (3) tentang Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). "Ancaman hukuman di bawah lima tahun," ucap Basuki, Kamis 23 Mei 2019.

SIDANG PERDANA. Sugi Nur Raharja alias Gus Nur membetrikann keterangan pers usai menjalani sidang perdana kasus ujaran kebencian. Foto: IST

Terdakwa tidak mengajukan eksepsi atas dakwaan JPU lantaran ingin segera mengikuti proses pembuktiannya. "Kami langsung lakukan pembuktian di dalam persidangan," kata Ahmad Khozinuddin, kuasa hukum terdakwa.

Kasus ini berawal dari laporan terhadap Sugi Nur Raharja yang diterima Polda Jatim. Laporan itu menyebutkan Sugi Nur Raharja telah menghina ormas Nahdhatul Ulama (NU) dan Banser melalui video berdurasi 26 detik yang diunggahnya di media sosial.

Baca Juga

loading...