Setelah Patung Suroboyo, Pemkot Bangun Jembatan Sentra Ikan Bulak

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 21 Maret 2019 - 10:59

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang menyelesaikan pembangunan Patung Suroboyo di Taman Suroboyo yang diperkirakan tuntas pada Mei 2019 mendatang.

Bersamaan dengan pengerjaan patung itu, pemkot pun tengah merancang jembatan di Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran yang nantinya cocok untuk spot swafoto dengan latar belakang patung dan laut.

“Jadi jembatan ini bisa menjadi spot foto ala Instagramable. Model jembatannya pun seperti jembatan penyeberangan orang (JPO), namun berbeda dari sisi konsepnya,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi diwawancarai usai Inspeksi Mendadak (Sidak), Rabu 20 Maret 2019.

BACA JUGA: Antisipasi Ketahanan, Pemkot Surabaya Redesain Basement Balai Pemuda

Eri mengatakan pembangunan jembatan itu akan dimulai dengan pembangunan lantai dua gedung SIB dengan patung Suro dan Boyo.

Selain menambah fasilitas di Taman Suroboyo, kata Eri, pihaknya juga berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Adapun upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada para pedagang SIB. Salah satunya dengan memberikan arahan terkait menu makanan dengan cita rasa yang menjual untuk dipasarkan di SIB.

“Saat ini dalam tahap penataan mulai dari membersihkan seluruh Instalasi Pembuanghan Air Limbah (IPAL) dan beberapa fasilitas lainnya yang dapat digunakan warga seperti toilet. Semua akan diperbaiki," kata Eri.

BACA JUGA: Pembangunan Alun-alun Surabaya Tunggu Tuntasnya Sengketa Lahan

Ia berharap pembangunan jembatan ini bisa selesai pada 2019 karena secara konsep sudah jadi dan bisa langsung dikerjakan tahun ini. “Secara anggaran juga ikut tahun ini. Mudah-mudahan selesai pada akhir tahun, dilihat saja nanti,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan pembangunan Patung Suro dan Boyo ini adalah bagian dari mimpinya. Patung Suro dan Boyo akan menjadi ikon terbesar dibanding patung yang ada di Kebun Bintang Surabaya (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng Surabaya.

“Saya membayangkan ketika ada di tengah laut, maka Surabaya dapat terlihat dari ikon patung ini. Selain itu, bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS),” kata Risma saat di lokasi Taman Suroboyo.

Baca Juga

loading...