Seniman Jepang Kolaborasikan Kesenian Ponorogo dengan Musik dari Persia

Jatimnet

Kamis, 6 September 2018 - 14:30

JATIMNET.COM, Ponorogo – Kesenian budaya Ponorogo menjadi daya tarik tersendiri bagi seniman asal Jepang. Lantaran dinilai mempunyai daya nilai seni yang cukup sangat menarik. Sehingga banyak seniman yang ingin belajar dan mengenalkan kesenian yang ada di Ponorogo .

Walaupun kesenian di Ponorogo ini di kolaborasikan. Seperti terlihat seniman asal Jepang bernama Takeshi ini memamerkan keahliannya dalam memainkan alat musik Sarten yang berasal dari Persia.

Uniknya, Takeshi berkolaborasi dalam pertunjukkan wayang yang digelar Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo ini dengan dalang Ki Purbo Sasongko.

Kolaborasi itupun menjadi daya tarik masyarakat yang hadir di sekitar lokasi. Apalagi, biasanya penampilan wayang diikuti dengan layar besar beserta pengrawit atau pemain musik yang berjumlah puluhan orang, disini hanya ditemui dua orang saja.

Selain itu, biasanya pertunjukkan wayang digelar semalam suntuk, disini hanya digelar selama 1 jam saja. “Konsepnya memang di sederhanakan, tapi mengena di hati warga,” terang penggagas acara Wisnu Hadi Prayitno, Rabu, 5 September 2018.

Bahkan jika panggung yang biasanya digunakan untuk pertunjukkan wayang terlihat luas dan megah, disini nampak sederhana. Hiasan panggung pun hanya terbuat dari ilalang.

Untuk tempat menancapkan wayang pun, dalang menggunakan batang pisang sebagai tatakan dengan menghadap langsung ke penonton. “Acara ini rutin kami gelar setiap tahun dalam rangka bersih desa sekaligus memperingati tahun baru Islam atau yang lebih dikenal dengan istilah Suroan,” ujar dia.

Sementara, seniman asal Jepang Takeshi menambahkan dirinya memang sengaja menyempatkan diri untuk ikut serta tampil dan berkolaborasi dalam pertunjukan wayang.

Selain ingin mendapatkan pengalaman baru, Takeshi pun ingin menjajal kepiawaiannya dalam memainkan alat musik sarten. “Alat musik ini berasal dari Persia, saya sudah menguasainya sejak lama,” katanya.

Baca Juga

loading...