Sedih Layani Pembeli Satu Keluarga pada Momen Lebaran

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 7 Juni 2019 - 13:26

JATIMNET.COM, Surabaya – Raut keceriaan masih terpancar dari wajah Indah Sari (22), salah satu kasir Indomaret saat melayani pembeli. Siapa sangka di balik wajah cerianya saat melayani pembeli tersimpan kesedihan.

Itu dia ungkapkan lantaran tidak bisa menikmati libur pada hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah bersama keluarga di kampung halamannya. Sebab minimarket tempatnya bekerja yang terletak di Jalan Diponegoro itu tetap buka selama 24 jam.

Pantauan Jatimnet.com terhadap minimarket tempatnya bekerja terlihat ramai, Jumat 7 Juni 2019, sekitar pukul 10.00 WIB.

Sejumlah pembeli terlihat memborong barang belanjaan. Beberapa di antaranya ada yang mengajak keluarganya dengan baju muslim, ada pula pembeli beransel, dan ada pula yang berpakaian santai. Sejurus kemudian sejumlah pembeli sudah berjubel di depan kasir.

BACA JUGA: Relakan Lebaran Demi Keamanan Pengguna Jalan

Indah Sari tidak menampik punya rasa sedih. Terlebih saat harus melayani pembeli dan ingin pulang jika mengingat momentum Lebaran. Meskipun dia mengaku senang melayani pembeli selama Lebaran.

“Rasanya ingin pulang, saat melihat pembeli satu keluarga. Sedih melihatnya,” kata Indah saat kepada Jatimnet.com di Indomart Diponegoro.

Sedih tidak harus murung. Itulah yang dirasakan Indah. Dia masih bisa terhibur dan cukup senang bisa menghabiskan waktu Lebaran dengan rekan kerjanya. Karena ada beberapa rekan kerja yang juga tidak mudik.

RAMAI PENGUNJUNG. Sejumlah pegawai minimarket tidak menunjukkan kesedihan meski tidak bisa mudik untuk menikmati hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang jatuh pada Rabu 5 Juni 2019 lalu. Foto: Khoir

Mereka adalah keluarga baru di perantauan, lanjut Indah, karena setiap hari bersama. Mencari makan bersama, bercanda, bertengkar pun sering terjadi antar rekan kerja.

Salah satu karyawan bagian Pramuniaga di tempat yang sama, Eko Agus Priyanto (20) mengungkapkan baru pertama kali berlebaran jauh dari keluarga.

“Saya satu tahun di Surabaya, tidak enak jauh sama keluarga. Tapi ya ini sudah tanggungjawab untuk bekerja,” kata pria asal Tulungagung itu.

BACA JUGA: Cerita Pramugari yang Bertugas pada Lebaran, Antar Pemudik tapi Tak Mudik

Ia mengungkapkan pada hari raya Idul Fitri yang jatuh Rabu 5 Juni 2019 lalu, Eko menyempatkan video call ke keluarganya untuk bersilaturahmi kepada orang tua.

Menurutnya sedih hanya bisa mengobrol lewat telepon. Setidaknya dia bisa berkomunikasi dengan keluarganya. Karena pada 1 Syawal lalu, Indomaret tempatnya bertugas buka pukul 10.00 WIB.

"Hari ini mau pulang, karena sudah jatah saya libur," kata Eko sambil menata barang dagangan di dalam minimarket.

Dengan raut wajah gembira, Eko menegaskan akan mudik selama dua hari ke depan. Menurutnya, pulang adalah hal yang sangat dinantikan selama momentum Lebaran tahun ini.

Baca Juga

loading...