Satu Juta Lebih Kendaraan Keluar-Masuk Pulau Jawa

Ahmad Suudi

Reporter

Ahmad Suudi

Senin, 3 Juni 2019 - 15:53

JATIMNET.COM, Banyuwangi – Hingga H-3 angkutan mudik, Minggu 2 Juni 2019, tercatat 1.215.813, pemudik telah keluar dan masuk Pulau Jawa melalui penyeberangan laut.

Berdasarkan rilis PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry yang diterima Jatimnet, penyeberangan di Selat Sunda didominasi penumpang keluar dari Jawa, namun terjadi sebaliknya di Selat Bali.

Tercatat 556.727 penumpang telah menyeberang dari Pelabuhan Merak Banten menuju Bakauheni, Lampung hingga H-3 dan 197.549 penumpang ke arah sebaliknya hingga H-4.

BACA JUGA: Suka Duka Kru Kapal Selat Bali Seberangkan Pemudik

Di sisi lain, hingga H-3 sudah mencapai 315.633 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali ke Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, dan 145.904 orang melakukan perjalanan sebaliknya. Artinya jumlah pemudik dari Bali ke Jawa telah mencapai 77 persen dari total pemudik tahun lalu yang mencapai 408.582 orang.

“Libur cuti bersama di periode mudik yang relatif lama membuat arus berangkat lebih terdistributif. Hingga H-3, layanan arus mudik penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan normal dan terkendali," kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Sejak H-7 hingga H-3 juga tercatat 52.291 unit kendaraan roda dua telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra. Sedangkan 68.599 unit kendaraan roda empat atau lebih telah menyeberang ke arah yang sama.

BACA JUGA: Pemudik dari Bali ke Jawa Padati Pelabuhan Gilimanuk

Sementara dari H-7 hingga H-3 di Selat Bali jumlah kendaraan roda 2 (R2) yang masuk ke Jawa mencapai 64.320 unit. Dan 35.063 unit kendaraan roda 4 (R4) atau lebih yang telah bersandar di dermaga Pelabuhan Ketapang.

Jumlah penumpang yang mudik di penyeberangan Selat Bali meningkat secara bertahap setiap hari sejak H-7. Selisih peningkatan jumlah penumpang dengan jumlah penumpang berikutnya antara tujuh ribu hingga delapan ribu orang.

“Arus mudik dari Gilimanuk ke Ketapang cenderung ramai mulai malam hingga dini hari yang didominasi R2 dan R4. Namun, situasi operasional serta pelayanan di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk terpantau ramai lancar, aman dan terkendali,” tutur Ira.

Baca Juga

loading...