Roti Bisa Kurangi Tekanan Darah Tinggi

Rochman Arief

Senin, 1 April 2019 - 05:58

JATIMNET.COM, Surabaya – Tekanan darah tinggi bisa menjadi ancaman serius. Sebab darah tinggi bisa menjadi pemicu penyakit lain, seperti serangan jantung maupun stroke, jika tidak ditangani sejak dini.

Sejatinya tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya mengurangi konsumsi garam yang terkandung di dalam makanan. Sebab garam menjadi salah satu pemicu naiknya tekanan darah.

Health National Service (HNS) Inggris, melalui Express.co.uk menyebutkan mengatur pola makan atau diet bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Salah satunya dengan memperbanyak makan roti yang tidak mengandung garam atau non roti asin.

BACA JUGA: Jenis Makanan yang Tampak Menyehatkan Tapi Kurang Sehat

Masalahnya garam kerap disembunyikan dalam makanan tertentu. Beberapa makanan yang memiliki kandungan garam tinggi adalah makanan siap saji. Disarankan memeriksa terlebih dahulu label makanan tersebut, seberapa banyak garam yang terkandung dalam produk tersebut.

HNS juga mencatat roti memiliki sejumlah manfaat kesehatan, jadi tidak disarankan untuk sepenuhnya memangkas roti dari diet jika memiliki tekanan darah tinggi. Sebab ada beberapa roti yang mengandung sedikit atau bahkan tanpa garam yang lebih bermanfaat.

“Roti adalah bagian penting dari diet karena tinggimnya karbohidrat dan kaya akan serat, rendah lemak, sekaligus sebagai sumber energi yang baik," terang Bloodpressureuk.org, seperti disarikan Express.co.uk, Sabtu 30 Maret 2019.

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Blood Pressure menyatakan kandungan garam dari beberapa roti irisan telah berkurang, namun masih mengandung sekitar 0,4 hingga 0,5 g natrium per 100 g roti. Dengan kata lain, kandungan itu sama dengan 1 g garam per 100 g roti

Sederhananya, sepotong roti, yaitu sekitar 40 gram mengandung setengah gram garam, sedangkan enam potong roti mengandung tiga gram garam. Sementara batas harian garam yang disarankan adalah 6 gram.

Saat ini Negeri Ratu Elizabeth itu tengah gencar mengampanyekan toko ataupun industri kue menciptakan roti bebas garam. Namun untuk home industry disarankan membuat roti dari buah atau roti berbahan gandum yang kaya serat.

Roti-roti ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatur pola makan guna mengurangi tekanan darah tinggi. Selain roti, memilih makanan yang minim kandungan garamnya juga perlu diperhatikan.

Baca Juga

loading...