Jenis Makanan yang Tampak Menyehatkan Tapi Kurang Sehat

Hari Istiawan

Selasa, 12 Maret 2019 - 12:55

JATIMNET.COM, Surabaya – Beberapa jenis makanan yang biasa dimakan sehari-hari sering dianggap sehat berkat teknik pemasaran yang bagus. Namun, sebenarnya bisa merugikan kesehatan jika dimakan rutin.

Mengutip Medicalnewstoday, berikut bebera jenis makanan yang umumnya dikira menyehatkan padahal tidak.

Roti

Dari sekian jenis olahan roti, para ahli nutrisi masih merekomendasikan roti gandum untuk dikonsumsi karena memiliki kadar glikemik rendah atau kurang dari 55.

BACA JUGA: Disebut Mematikan, Makanan Ini Dikonsumsi Tiap Hari

Sementara roti putih cenderung memiliki indeks glikemik yang tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah. The American Diabetes Association melaporkan bahwa roti putih memiliki skor indeks glikemik sekitar 70 atau lebih.

Jus buah

Jus buah di swalayan atau supermarket merupakan minuman tidak sehat karena mengandung gula yang tinggi. Mengolah buah menjadi jus menyebabkan beberapa nutrisi bermanfaat dalam buah, seperti vitamin C, kalsium , dan serat hilang.

BACA JUGA: Konsumsi Makanan Ultra Proses Tingkatkan Risiko Kematian

Oatmeal

Sebuah studi dalam jurnal Nutrients mencatat bahwa oat murni dapat membantu mengontrol gula darah, menurunkan jumlah lemak dalam darah, dan bahkan menurunkan berat badan tanpa membuat seseorang kelaparan. Namun, hasil ini berasal dari mengonsumsi gandum murni, bukan gandum instan.

Mirip dengan banyak biji-bijian lain, produsen oatmeal instan cenderung menghilangkan serat sehat dalam gandum.

Baca Juga

loading...