Sejajar dengan Jimmy Connors

Roger Federer Rebut Gelar ke-100

Rochman Arief

Minggu, 3 Maret 2019 - 07:48

JATIMNET.COM, Dubai – Petenis asal Swiss Roger Federer mencatatkan sejarah. Dia berhasil merebut gelar ke-100 sejak terjun di karir pro pada tahun 1998 silam.

Gelar ke-100 tersebut diraih setelah merebut titel di Dubai Duty Free Tennis Championships (DDFTC), sekaligus gelar ke delapannya sepanjang turnamen berlangsung.

Di partai final yang berlangsung Sabtu 2 Maret 2019 waktu setempat, dia mengalahkan petenis masa depan Yunani, Stefano Tsitsipas, 6-4 dan 6-4. Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahannya di babak keempat pada Australia Terbuka, Januari lalu.

Kemenangan yang diukir Federer di turnamen yang masuk kalender ATP Tour itu melengkapi rekan satu negaranya, Belinda Bencic. Petenis putri masa depan Swiss itu juga baru saja merebut gelar WTA, di turnamen yang sama.

BACA JUGA: Roger Federer Kejar Gelar ke-100

Capaian tersebut merupakan yang pertama sejak tahun 2002 saat dua petenis dalam satu negara melakukannya. Keduanya adalah petenis asal Prancis, Fabrice Santoro dan Amelie Mauresmo.

“Saya tahu apa artinya ini. Saya menyukai angka (100) dan saya menyukai minggu ini,” kata petenis berusia 37 tahun itu seperti dilansir laman resmi DDFTC, Minggu 3 Maret 2019.

Kini nama Roger Federer telah disejajarkan dengan Jimmy Connors sebagai centurion . Jimmy Connors telah mengumpulkan 109 gelar. Petenis asal Amerika Serikat itu pensiun tahun 1996 setelah melewatkan 22 tahun karir pro.

Kehebatan Federer disambut sejumlah legenda petenis di media sosial. Connors menulis ‘ Welcome Triple Digit victory tournament club. Saya agak kesepian, senang bisa memiliki teman ’ tulis Connors.

BACA JUGA: Tomic Dituduh Rusak Reputasi Tenis Australia

Begitu juga dengan legenda tenis lainnya, Rod Laver yang menulis ‘ Selamat untuk Heiterest @rogerfederer Memenangkan 100 gelar selama karir luar biasa Anda adalah pencapaian yang benar-benar hebat. Saya berharap lebih banyak gelar datang tahun ini dan seterusnya! # RF100. Roket ’.

ATP menulis 100 gelar yang direbut Federer terdiri atas 69 gelar di lapangan keras, 18 gelar di lapangan rumput, 11 gelar di lapangan tanah liat, ditambah dua gelar di lapangan karpet.

Federer juga menjadi satu-satunya petenis dengan tujuh atau lebih mahkota di lima turnamen berbeda. Dia merebut gelar 9 di Halle, Basel 9 gelar, Wimbledon 8 gelar, Dubai 8 gelar dan Cincinnati 7 gelar.

Sementara itu, langkah Tsitsipas melaju hingga ke final DDFTC menjadikan petenis Yunani itu masuk sepuluh besar pada Senin mendatang. Ini capaian tertinggi petenis asal Yunani sejak pemeringkatan resmi dimulai tahun 1973.

Baca Juga

loading...