Cacar Monyet

Riau Perketat Pengawasan di Pelabuhan dan Bandara

Hari Istiawan
Hari Istiawan

Selasa, 14 Mei 2019 - 13:58

JATIMNET.COM, Pekanbaru - Dinas Kesehatan Provinsi Riau memperketat pengawasan di pelabuhan dan bandara terutama di rute dari Singapura dan Batam, untuk mencegah penularan virus cacar monyet (monkeypox).

Dinas kesehatan setempat telah meminta pemantauan dan pengawasan terhadap para penumpang pesawat yang berasal dari Singapura dan penumpang yang berasal dari Batam.

“Banyak masyarakat Riau yang berpergian ke Singapura melalui Batam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, Senin 13 Mei 2019.

BACA JUGA: Ada Gejala, Kemenkes Imbau Warga Segera Periksakan Diri

Pengawasan serupa juga diterapkan di pelabuhan-pelabuhan laut karena Provinsi Riau juga mempunyai jalur masuk dari Batam.

Mimi memastikan hingga kini Riau bersih dari penyakit tersebut. Namun, instansi terkait harus tetap waspada melakukan pengawasan dan pencegahan.

“Sampai sejauh ini belum ada informasi adanya kasus cacar monyet di Riau, namun tetap waspada sehubungan adanya penerbangan langsung Singapura ke Pekanbaru,” katanya.

BACA JUGA: Dinkes Jatim Siapkan 1.584 Faskes Saat Arus Mudik

Cacar monyet muncul di Singapura yang virusnya menginfeksi seorang pria asal Nigeria pada April lalu. Sebelum tiba di Singapura, pria itu dikabarkan menghadiri pernikahan di Nigeria dan bisa jadi makan daging liar yang menjadi sumber transmisi virus. Daging yang dimaksud bisa jadi simpanse, gorila, kijang, burung, atau hewan pengerat.

Virus cacar monyet menular ke orang lain melalui kontak langsung. Masa inkubasi 5-7 hari baru terlihat gejalanya. Gejala cacar monyet sama dengan cacar lainnya, antara lain demam dan gangguan pernafasan. Menurut dia, yang membuat penyakit itu berbahaya adalah radang pernafasan.

Wilayah terjangkit monkeypox secara global yaitu Afrika Tengah dan Barat seperti Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Nigeria, Ivory Coast, Liberia, Sierra Leone, Gabon and Sudan Selatan.

Sampai saat ini belum ditemukan kasus monkeypox di Indonesia.(ant)

Baca Juga

loading...