Proyek Underpass Bundaran Satelit, Dishub Siapkan Rekayasa Jalan

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 22 Januari 2019 - 10:55

JATIMNET.COM, Surabaya – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya sudah menyiapkan rekayasa jalan untuk mengantisipasi kemacetan di Jalan Mayjend Sungkono, tepatnya di kawasan proyek underpass Bundaran Satelit yang rencananya menyambung Jl Mayjend Sungkono ke Jl HR Muhammad.

“Rekayasa jalan tersebut akan berlaku hingga akhir Februari, setelah proyek pembangunan underpass di Bundaran Satelit rampung,” kata Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajat saat diwawancarai melalui telepon, Senin 21 Januari 2019.

Pemerintah Kota Surabaya mengimbau agar proyek ini bisa rampung pada 20 Februari 2019 mendatang.

Irvan mengatakan, alternatif jalan yang disiapkan Dishub Surabaya antara, dari arah barat ke timur alternatifnya melalui Wiyung ka arah Gunungsari. Sedangkan dari arah utara melalui Jalan Banyu Urip ke arah Tandes.

BACA JUGA: Underpass Mayjen Sungkono Menyisakan Saluran Air

“Kami harapkan masyarakat yang akan melintasi bundaran satelit untuk mengubah ke rute alternatif tersebut selama dua bulan ini. Memang sedikit jauh, namun jika tetap melewati bundaran bisa menyebabkan kepadatan,” tambahnya.

Agar lalu lintas tetap berjalan dengan lancar, dishub juga bekerjasama dengan pihak terkait, seperti polisi lalu lintas maupun anggota dishub untuk memantau lalu lintas. Para personel akan standby di saat pagi dan sore saat terjadi penumpukan arus lalu lintas. “Biasanya pagi dan sore dipadati kendaraan,” kata Irvan.

Menurutnya, imbas penyempitan jalan karena pembangunaan tersebut paling banyak berdampak di Jalan Dukuh Kupang Barat. Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di kawasan tersebut, dishub sudah memasang papan imbauan bagi pengendara dari arah Babatan, Unesa Lidah, Jalan Dr. Soetomo, Jalan Diponegoro.

Dan bagi pengendara yang melewati Jalan Diponegoro disarankan lebih memilih Jalan Hayamwuruk, Jalan Gunungsari, dan Jalan Banyu Urip saat jam-jam rawan macet yakni pagi dan sore.

Baca Juga

loading...