Potensi Wisata Halal di Jatim Jadi Andalan

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Jumat, 8 Maret 2019 - 15:13

JATIMNET.COM, Surabaya – Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jawa Timur membidik wisata halal sebagai destinasi baru mendatangkan wisatawan.

Ketua Dewan Tata Krama Asita Jawa Timur Nanik Sutaningtyas menilai banyak obyek wisata di Jatim yang dapat menjadi unggulan. Di antaranya, wisata wali, pondok pesantren hingga resto halal yang dapat menarik banyak wisatawan.

“Jatim sangat berpeluang menjadi jujukan wisata halal,” ujar Nanik kepada Jatimnet.com, Jumat 8 Maret 2019.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Akan Bangun Museum Religi di Kawasan Ampel

Tren kunjungan wisata halal menunjukkan tren positif, meski peningkatannya belum begitu signifikan. Masyarakat dalam negeri belum begitu familiar dengan wisata halal. Pengelolaan destinasi wisata berbasis halal sejauh ini belum tergarap maksimal.

“Tetapi kami yakin ke depan prospek wisata halal cukup bagus. Sebab Kementerian Pariwisata saat ini sudah memiliki berbagai program yang bertujuan menggalakkan wisata halal,” tuturnya.

Wisata halal, menurut Nanik, kini menjadi tren di luar negeri. Sudah banyak negara yang mengeksplor potensi wisata halalnya. Negara-negara yang sudah menerapkannya berlomba-lomba mendatangkan wisatawan muslim. "Wisata halal harus gencar dipromosikan demi menumbuhkan pendapatan dari sektor pariwisata," sebutnya.

BACA JUGA: Menag: Kesadaran Masyarakat Mengonsumsi Produk Halal Meningkat

Sementara itu, Ketua Asita Jawa Timur Arifudinsyah mengatakan, rata-rata pergerakan wisatawan domestik yang melakukan kunjungan ziarah ke makam Wali Songo mencapai 45 juta tiap tahunnya. Jumlah itu naik 5-10 persen setiap tahunnya, dan tidak terpengaruh keadaan ekonomi.

"Saat ini kondisi ekonomi memang kurang baik, tetapi destinasi wisata ziarah ini paling stabil di antara yang lain," kata Arif.

Oleh karena itulah pihaknya berupaya menggenjot jumlah kunjungan wisata halal tahun ini di Jatim. Dengan agresif menyosialisasikan berbagai promo, pihaknya berupaya agar destinasi wisata halal bisa menopang ekonomi.

Baca Juga

loading...