Potensi Energi Terbarukan di Jatim Diprediksi 23 Ribu Megawatt

Baehaqi Almutoif

Minggu, 24 Maret 2019 - 19:50

JATIMNET.COM, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memastikan potensi energi terbarukan di Jatim sangat besar. Menurut hitungannya ada sekitar 23 ribu megawatt yang bisa dihasilkan dari sektor ini.

Mantan Bupati Trenggalek itu mengungkapkan, profil energi terbarukan di Jawa Timur berasal panas bumi 1.175 megawatt, air 525 megawatt, angin 7.907 megawatt, bioenergi 3.420 megawatt, dan tenaga surya 10.335 megawatt.

Dari beberapa potensi energi terbarukan tersebut, optimalisasi energi surya dan panas bumi yang sedang dikerjaan saat ini.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Mulai Programkan Energi Baru Terbarukan

"Geothermal (panas bumi) merupakan salah satu yang potensial dan perspekstif, apalagi Jatim juga termasuk dalam kawasan ring of fire (cincin gunung api)," ujar Emil usai menghadiri talkshow tentang Pengembangan Teknologi Energi Tebarukan di Gedung Rektorat ITS, Minggu 24 Maret 2019.

Wakil gubernur kelahiran Jakarta itu mengaku penggunaan energi surya dan panas bumi paling memungkinkan untuk menyentuh kawasan terisolir. Di daerah kepulauan misalnya, pemanfaatan energi matahari dapat menjadi solusi di kala pembangkit listrik bebasis diesel masih dinilai mahal.

BACA JUGA: Kementerian ESDM Gandeng Inggris Kembangkan Energi Rendah Karbon

"Inilah area-area yang akan kita sentuh lebih dulu, yang mana kesesuaiannya dengan kondisi real masih ada," ungkap Emil.

Kendati demikian, Emil tidak menampik tantangan yang dihadapai energi terbarukan adalah adanya listrik yang lebih murah yang menggunakan pada energi fosil. Tetapi, dia menilai dalam jangka panjang penggunaan energi fosil akan berdampak buruk pada lingkungan.

Baca Juga

loading...