Ponorogo Anggarkan Rp 10 Miliar untuk Pilkades

Gayuh Satria Wicaksono

Jumat, 29 Maret 2019 - 13:17

JATIMNET.COM, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo menganggarkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk pemilihan kepala desa sekabupaten. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mencatat ada 198 desa yang menggelar Pilkades pada 20 Mei 2019 mendatang.

Kepala Dinas PMD Ponorogo Supriyanto mengatakan tahun ini menjadi Pilkades dengan jumlah desa dan calon Kades terbanyak. “Secara administrasi (proses pendaftaran) telah ditutup 28 Maret kemarin,” katanya, Jumat 29 Maret 2019.

Ia memastikan tak ada calon Kades tunggal di tiap desa. “Tidak ada yang melawan lumbung kosong,” katanya.

BACA JUGA: Seratusan Penghuninya Masuk DPT, Lapas Ponorogo Belum Dapat TPS

Pada masa pendaftaran sebelumnya, ia mengatakan, masing-masing desa diminta mengajukan calon Kades. Jika ada satu calon yang mendaftar hingga masa pendaftaran berakhir, panitia membuka masa pendaftaran tahap dua.

Tapi jika calon baru tetap tak ada yang mendaftar, Pilkades di desa itu akan dibatalkan. “Diperpanjang sampai ada minimal dua peserta pada Pilkades. Jika tetap hanya ada satu calon saja maka akan kita batalkan,” katanya.

Ia pun mengingatkan agar calon Kades yang berasal dari anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mendapat persetujuan dari bupati. Jika sudah ditetapkan sebagai calon Kedes, mereka wajib mundur dari jabatan sebagai anggota BPD. “Sudah menjadi amanah dari Permendagri,” katanya.

Baca Juga

loading...