Polisi Pulangkan 54 Pembawa Bom Molotov dan Celurit

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:59

JATIMNET.COM, Surabaya – Polda Jatim belum menetapkan tersangka terkait temuan bom molotov di dalam mobil elf saat melintas di Jembatan Suramadu pada 20 Mei 2019 lalu. Dari temuan terbaru polisi mengamankan 12 molotov dan enam celurit yang ditemukan di dalam mobil saat hendak menuju Surabaya.

“Atas temuan itu, sementara kami sudah memulangkan 54 orang sudah kami periksa. Selanjutnya sudah mereka wajib lapor di Mapolda Jatim,” kata Kabid Humas Polda Katim, Kombes Pol Frans Barung Mengera, Rabu 22 Mei 2019.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, bom bolotov dan celurit tersebut diduga akan dibawa ke Jakarta untuk mengikuti people power. Dugaan itu berkaitan dengan tujuan kendaraan serta rombongan yang sempat diamankan petugas.

BACA JUGA: Unggah Ajakan People Power di Medsos, Warga Sidoarjo Dicokok

Kepada awak media, Barung menjelaskan ke-54 orang yang sudah dipulangkan mayoritas berasal dari Madura. “Dugaan sementara mereka akan ke Jakarta melakukan perjalanan darat,” Barung menjelaskan.

Penangkapan terhadap ke-54 orang berikut tiga mobil Isuzu Elf tersebut pada saat digelar razia akhir pekan kemarin atau pada 20 Mei 2019. Pada saat itu polisi melakukan penyekatan dan penyisiran hampir di penjuru kota di Jawa Timur.

BACA JUGA: Polisi Madiun Gagalkan Keberangkatan Peserta Aksi People Power

Penyisiran ini juga bagian dari pencegahan aksi people power yang dilakukan di Jakarta, pada 22 Mei 2019. Beberapa ruas jalan yang dianggap sebagai penghubung dilakukan penyisiran dan penyekatan guna mereduksi pergerakan massa ke ibu kota.

“Anggota kami mencegat tiga mobil elf yang mencurigakan, karena ketianya berangkat beriringan di Jembatan Suramadu. Selanjutnya kami giring ke Polda Jatim untuk diperiksa,” urai mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu.

Baca Juga

loading...