PLN Bidik Pelanggan Premium Pakai New Super Power

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Rabu, 13 Maret 2019 - 18:00

JATIMNET.COM, Surabaya - PLN menggenjot jumlah pelanggan premium dengan meluncurkan program "New Super Power".

Targetnya ada 500 pelanggan baru yang beralih status premium kategori pengguna daya 240 KVA sampai di atas 300 KVA di tahun ini. Tahun lalu pelanggan premium baru, tercatat 380 orang.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abu Manan mengatakan pihaknya telah menyiapkan serangkaian program untuk menjaring pelanggan baru.

"Pertama memberikan diskon pada pelanggan yang ingin tambah daya sebesar 50 persen," ujar Djoko saat membuka acara The New Super Power di Hotel Sheraton, Rabu 13 Maret 2019.

BACA JUGA: Puluhan Juta Pelanggan PLN Dapat Diskon

Kemudian, diskon sebesar 70 persen juga diberikan kepada pengguna motor dan kompor listrik. Ada pula diskon 100 persen terhadap pemilik mobil listrik.

"Semua itu demi memberikan kemudahan bagi pelanggan," ungkapnya.

General Manager SBU Solusi TI Ketenagakelistrikan Heni Utari Ambarwati menambahkan, selain memberikan diskon, PLN juga menyediakan kemudahan layanan.

Perusahaan pelat merah tersebut tengah menyiapkan "smart home system" bagi pelanggan premium.

BACA JUGA: PLN Sumut-Asian Agri Operasikan Pembangkit Tenaga Biogas

Sementara "super smart city" nantinya dapat dimanfaatkan pemerintah daerah, pemerintah kota, kawasan industri maupun kawasan perumahan guna mempermudah layanan.

Pelanggan dapat mengontrol aliran listrik melalui telepon genggam. Meski tidak sedang berada di rumah, seluruh perangkat elektronik dapat dimatikan melalui gawai.

Penggunaan teknologi ini terus disiapkan oleh Icon plus selaku anak perusahaan.

"Tahun 2019 penugasan kepada kami mengganti kwh meter menjadi 1 juta, ini penting diganti karna banyak kwh yang sudah absolute. Selain itu kami juga ingin kedepannya bisa gunakan teknologi," bebernya.

BACA JUGA: PLN Petakan Wilayah yang Belum Teraliri Listrik di Probolinggo

Sementara itu untuk segi pelayanan, General Manager (GM) Unit Induk PLN Jatim Bob Saril mengaku telah menyiapkan Genset Mobile yang bisa disewa pengguna daya tegangan menengah.

Sistemnya seperti uninterruptible power supply (UPS). PLN mengklaim genset mobile ini seperti power bank tetapi dalam skala besar.

Beberapa perusahaan telah mendatangani penggunaan seperti PT Pertamina di Tuban, lalu sejumlah perumahan seperti Pakuwon City, Royal Residance dan beberapa cafe di Surabaya yang menggunakan tegangan rendah.

"Di kawasan metropolis mulai Surabaya Selatan, Barat sudah mampu dari sisi hulu sudah mampu menggunamannya dan telah kami disiapkan," kata Bob.

Baca Juga

loading...