Pencarian Wisatawan di Pantai Pangi Blitar Libatkan Perahu Nelayan

Yosibio

Rabu, 12 Juni 2019 - 15:31

JATIMNET.COM, Blitar - Petugas gabungan melanjutkan pencarian terhadap Indra Prasetyo dan Eko Julianto, dua warga Ngoro, Jombang yang terseret ombak di Pantai Pangi, Bakung, Kabupaten Blitar.

Pertugas berupaya menggunakan perahu jukung milik nelayan, untuk menyisir bagian tengah lautan, akibat ombak yang mencapai ketinggian dua meter.

Perahu karet milik petugas tidak mampu menembus ombak, dan tidak bisa dipaksakan karena akan membahayakan petugas.

"Hari kedua pencarian ini kendala masih terkait cuaca gelombang tinggi. Perahu karet kesulitan untuk keluar masuk Teluk," ujar Dantim Basarnas Pos SAR Trenggalek, Brian Gautama, dikonfirmasi wartawan Rabu 12 Juni 2019.

BACA JUGA: Dua Wisatawan Asal Jombang Terseret Ombak Pantai Pangi Blitar

Brian menjelaskan, karena ombak sedang tinggi maka petugas gabungan masih menggunakan metode sisir pantai untuk menemukan korban tenggelam, pada pagi hari.

Penyisiran dilakukan dengan radius yang cukup luas, hingga ke Pantai Tambak Rejo di sebelah timur, dan ke Pantai Pasur di sebelah barat.

"Kami tetap upayakan agar perahu bisa turun, tapi kami menunggu ombak landai. Untuk sementara kami lakukan sisir pantai mulai dari barat Pantai Pasur sampai timur pantai Tambak Rejo," imbuh Brian terkait proses pencarian korban.

Namun pada siang hari, tim penyelamat langsung bergerak mencari para korban hilang menggunakan perahu jukung milik nelayan setempat.

BACA JUGA: Bocah Korban Ledakan Petasan Gas di Blitar Meninggal

"Siang ini kita berangkat melakukan pencarian menggunakan perahu jukung milik nelayan. Sudah berangkat melakukan penyisiran ke tengah, "ujar Brian.

Selain ombak laut tinggi, karang terjal juga menjadi kendala lain.

Pantauan Jatimnet di lapangan, cuaca cukup cerah, namun gelombang terlihat masih tinggi. Sementara, sejumlah pengunjung pantai memilih menghindari bibir pantai karena ombak sedang tidak bersahabat.

Para pengunjung pantai dengan ciri khas cemara rindang di tepian ini, hanya duduk duduk menikmagi debur ombak dan pemandangan saja.

BACA JUGA: Avanza Tabrak Dua Motor di Blitar, Lima Pengendara Terluka

Seperti diberitakan sebelumnya, enam wisatawan asal Jombang terseret ombak pantai Pangi Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar Selasa pagi kemarin.

Dua wisatawan indra dan eko julianto, hilang saat mencoba menyelamatkan seorang rekannya yang terseret ombak.

Sementara empat lainya yang sempat terseret arus berhasil selamat setelah tersangkut karang dan diselamatkan nelayan setempat.

Mereka nekat berenang, meskipun dilarang karena ombak yang besar.

Baca Juga

loading...