JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menambah kapasitas pompa air Mangroove Wonorejo pada 2019 ini. Penambahan kapasitas itu untuk mengatasi banjir rob di daerah Kali Sosok.

"Surabaya sudah jarang hujan, tapi selama ini tetap banjir karena terdampak banjir rob," kata Wali Kota Tri Rismaharini saat sidak di Bozem Wonorejo, Kamis 14 Maret 2019.

BACA JUGA: Inggris Gandeng Surabaya Sediakan Laman Gratis Belajar Bahasa Inggris

Risma mengatakan saat ini koordinasi sedang dilakukan jajaran Pematusan Umum Bina Marga (PUBM) mengenai normalisasi yang harus dikerjakan.

Menurut rencana, pemkot akan menambah pompa berkapasitas 5 meter kubik (m3) di Mangroove, karena air rob dari kawasan tersebut masuk ke kawasan Penjaringan Sari, Rungkut sisi timur, Penjaringan Sari Pandugo, kemudian Pondok Nirwana Eksekutif dan dari Rungkut sampai Universitas Surabaya (Ubaya).

Risma berharap penambahan pompa air pada beberapa wilayah khususnya di Mangroove Wonorejo selesai tahun 2019. “Insya Allah selesai, karena yang ini tidak ada multi years. Semua tahun ini kelar. Cuman tahun depan akan kita tambah lagi (pompa). Uangnya juga masih terbatas,” katanya.

BAJA JUGA: Ribuan Mahasiswa di Surabaya Urus Surat Pindah Memilih

Berdasarkan informasi yang diterima Jatimnet.com, sepanjang tahun 2019 pemkot akan menambah pompa air di beberapa wilayah. Meliputi Kalisari ditambah kapasitas pompa 5 m3, Kali Dami 4,5 m3, di Jalan Ikan Musing kurang lebih 4 m3.

Pompa di Jalan Ikan Musing ini untuk meng-cover sekitar Jl Rajawali, SMPN 5, dan Pesapen Perak atau di jembatan petekan.