Pemkot Dorong Warga Surabaya Segera Miliki KTP Elektronik

Khoirotul Lathifiyah
Khoirotul Lathifiyah

Rabu, 13 Maret 2019 - 13:29

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengimbau kepada warganya segera mengurus e-KTP atau KTP elektronik sebelum memasuki bulan April 2019. Percepatan ini dilakukan atas perintah Kementerian Dalam Negeri untuk segera menyelesaikan pendataan penduduk.

“Tujuan kami untuk membantu masyarakat dalam bertransaksi. Misalnya mengurus administrasi tanah, NPWP, dan keperluan lainnya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya Agus Imam Sonhaji dalam press conference di Kantor Hubungan Masyarakat Pemkot Surabaya, Rabu 13 Maret 2019.

Hingga awal Maret 2019 lalu sebanyak 98.000 penduduk yang belum punya KTP el, sedangkan yang sudah memilikinya sebanyak 2.108.000 penduduk.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Perlebar Jalan Simpang Dukuh

Agus mengungkapkan agar akhir Maret 2019 semua penduduk diharapkan sudah punya KTP elektronik. Nantinya pemkot akan menyosialisasikan dan juga mendatangi warga untuk melakukan pendataan. Menurutnya, dengan jemput bola ke masyarakat bertujuan untuk mengantisipasi adanya warga lanjut usia (lansia) maupun yang sedang sakit.

"Untuk jemput bola ini, kami menyiapkan enam hingga tujuh alat perekam untuk berkeliling, Dalam prosesnya, pemkot akan melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan,” katanya.

Khusus untuk pelayanan di Siola, Dispendukcapil Surabaya akan membuka layanan hingga pukul 24.00 WIB, dengan mempersiapkan 12-14 perekam. Hal tersebut untuk mengantisipasi membludaknya warga yang mengurus KTP el.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Siapkan Rekayasa Lalin Jalan Yos Sudarso

Agus juga mengimbau agar warga memahami persyaratan pembuatan KTP el, dengan harapan tidak memperlambat proses administrasi. Sebab banyak ditemui kendala kurangnya kelengkapan data pribadi.

“Selama ini kurang lebih 500 warga yang harus bolak-balik ke dispendukcapil, dan itu disebabkan karena salah background foto, menggunakan softlens, dan masih banyak lagi," kata Agus.

Berdasarkan data yang diterima Jatimnet.com, setiap harinya Dispendukcapil Surabaya mendata 300 warga. Sedangkan per minggunya, terdapat 15 ribu sampai 20 ribu data penduduk yang masuk di dispendukcapil.

Adanya sosialisasi ke masyarakat, pemkot berharap dalam satu minggu terdapat 50 ribu warga yang mendata untuk mendapatkan KTP el.

Baca Juga

loading...