Pemkot Blitar Kandangkan Mobil Dinas selama Libur Cuti Lebaran

Yosibio

Minggu, 2 Juni 2019 - 15:55

JATIMNET.COM, Blitar - Pemerintah Kota Blitar mengandangkan seluruh kendaraan dinas selama libur cuti Lebaran menyusul adanya kebijakan yang melarang pejabat untuk menggunakan kendaraan pelat merah itu untuk mudik.

Hal ini membuat halaman kantor Pemkot Blitar sejak dua hari terakhir ini menjadi tempat parkir kendaraan dinas yang biasa dipakai untuk operasional Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tak ayal, halaman kantor yang berada di Jalan Merdeka ini penuh dengan kendaraan dinas pejabat.

BACA JUGA: Selama Libur Lebaran, Pemkot Surabaya Kandangkan Ratusan Kendaraan Dinas

"Hari ini, merupakan hari terakhir pengumpulan mobil dinas di halaman Kantor Walikota. Beberapa OPD sudah mengumpulkan mobil dinas sejak kemarin (Sabtu)," kata Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerag (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Saptono Johanes saat dikonfirmasi wartawan Minggu 2 Juni 2019.

"Mobil dinas yang kami larang untuk dipakai mudik hanya yang untuk operasional saja. Sedangkan mobil dinas untuk pelayanan seperti ambulans tetap siaga di rumah sakit dan puskesmas," ujar Widodo.

Pantauan Jatimnet.com, deretan mobil dinas terlihat diparkir di halaman depan sisi timur serta di halaman belakang Kantor Walikota. Petugas yang berjaga melakukan pengecekan kondisi mobil dinas, sebelum ditinggal cuti Lebaran.

BACA JUGA: Mudik Pakai Mobil Dinas, Sleman dan Bantul Beda Sikap

Petugas juga meminta kunci mobil, karena dikhawatirkan akan digunakan jika tetap dibawa oleh yang bersangkutan. Deretan mobil dinas akan diparkir di kantor wali kota selama sembilan hari ke depan sesuai cuti lebaran.

Pada Senin 10 Juni 2019, mobil dinas sudah bisa dipakai kembali untuk operasional di tiap OPD. Pemkot Blitar sudah menyiapkan petugas untuk menjaga mobil dinas yang diparkir di halaman kantor wali kota. Total ada 10 petugas yang akan menjaga mobil dinas di kantor wali kota selama 24 jam.

"Ada 10 petugas, delapan dari Satpol PP dan dua dari BPKAD yang akan berjaga di kantor wali kota selama 24 jam," kata Widodo.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, 20 Ribu Kendaraan Lintasi Pintu Tol Waru

Sementara Pelaksana Tugas Wali Kota Blitar Santoso mengatakan larangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran ini merupakan imbauan dari KPK. Santoso pun meminta dengan sangat, semua OPD patuh melaksanakan instruksi itu.

"Kalau masih ada yang tidak patuh, tidak mengumpulkan mobil dinas, tentunya akan kami beri sanksi. Sanksinya sesuai dengan aturan yang ada," kata Santoso.

Jumlah mobil dinas di lingkungan Pemkot Blitar sekitar 98 unit. Sejumlah mobil dinas itu menyebar di beberapa OPD di Pemkot Blitar.

Baca Juga

loading...